Manfaat Kayu Secang Dapat Dijadikan Sebagai Bahan Minuman

Batang kayu pohon secang ternyata memiliki banyak sekali manfaat khususnya bagi kesehatan karena tumbuhan bernama latin Caesalpinia sappan atau Biancaea sappan merupakan tumbuhan dengan struktur batang yang berduri dengan daun kecil.

Berikut ini adalah manfaat dari tumbuhan yang dapat kamu temukan di kawasan Asia salah satunya seperti di Indonesia, India, dan Malaysia.

1. Memiliki Efek Antiradang dan Memicu Sistem Imun

Batang dari pohon ini memiliki efek antiradang dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat herbal yang dapat mencegah penghambatan aktivitas hyaluronidase.

Tak hanya mempunyai efek antiradang saja, batang kayu dari pohon secang ini mempunyai kandungan antioksidan brazilin yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Antitumor

Manfaat yang kedua dari kayu secang adalah sifat antitumornya yang jika diambil ekstrak airnya dan ditambahkan dengan zat tertentu maka bisa menghambat perkembangan tumor.

Tak hanya itu saja kayu secang juga mempunyai kandungan klorofom, n-butanol dan juga methanol air yang bersifat antikanker.

Senyawa senyawa yang dijelaskan tadi dapat menghambat serta menghentikan pertumbuhan sel sel tumor bahkan kanker.

3. Antibakteri

Banyak penyakit menular yang disebakan oleh adanya infeksi bakteri yang terjadi di dalam tubuh. Dan batang kayu tanaman secang ini mempunyai fungsi untuk meningkatkan sistem imun agar dapat digunakan untuk melawan berbagai jenis bakteri yang berbahaya.

Contohnya seperti bakteri yang menyebabkan muntaber, penyakit kulit, bakteri penyebab diare hingga bakteri penyebab tifus.

Kayu secang yang ditambahkan dengan zat etanol maka akan dapat memunculkan efek untuk dapat melawan bakteri.

4. Bahan Pewarna Alami

Tak hanya memiliki khasiat untuk kesehatan saja, batang kayu secang ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Hal ini dapat dilihat dari wedang secang yang akan terlihat mempunyai warna merah pekat.

Maka dari itu batang kayu secang ini sering digunakan sebagai bahan pewarna alami karena dinilai sehat dan alami.

Seorang ahli botani yakni Rumphuis bahkan mencatat jika pohon secang kini telah ditanam di hampir seluruh  wilayah di Indonesia dan menjadi salah satu barang perdagangan antar bangsa hingga abad ke 19.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *