Manfaat Pisang Ambon

Pada artikel ini akan menjelaskan Manfaat Pisang Ambon , dan juga tips berbagai olahan manfaat buah pisang sendiiri dengan berbagai triknya, mari kita simak artikel dibawah ini.

Manfaat Pisang Ambon

Pisang adalah buah yang dikenal luas di Indonesia. Buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara: dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan lain. Tapi pisang tidak hanya enak, manfaatnya banyak.

Membantu Atasi Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat, dan lima kali lipat vitamin A. Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Anda banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

Mengatasi Anemia

Salah satu hal penting lain yang dikandung pisang adalah zat besi. Sehingga buah ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Tepatnya untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein yang mengandung zat besi.

baca juga artikel mengenai resep daging cincang sendiri

Menyehatkan Tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang adalah salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi.

Untuk Merawat Kulit

Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Ini juga baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering. Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya: hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

Jenis – Jenis Pisang

Pisang Ambon

temasuk jenis pisang yang sangat mudah dijumpai. jenis pisang ini memang memiliki banyak penggemar. Terdapat dua jenis pisang ambon yang dikenal luas di masyarakat, yakni pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning.

Pisang ambon lumut atau disebut juga pisang ambon hijau karena memiliki kulit berwarna hijau meskipun dalam keadaan matang. Namun bila kelewat matang kulitnya menjadi agak kekuningan dengan bercak-bercak coklat. Buah pisang ambon lumut berukuran sedang dengan panjang 15-17 cm.

Banyak buah dalam satu sisir berkisar 20 buah.Dalam satu tandan terdapat 7-12 sisir. Pisang ambon kuning berbentuk melengkung dan berwarna kuning. Dalam satu sisir, kedua jenis pisang ambon ini biasanya menghasilkan sekitar 20-an buah.

Pisang Kepok

dikenal memiliki daging buah dengan tekstur yang kenyal dan pulen saat dimakan. Daging buahnya berwarna kuning hingga kuning dengan semburat jingga.

Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-16 sisir, dan dalam satu sisir biasanya terdiri dari 20 buah. Pisang kepok termasuk pisang olahan yakni jenis pisang yang harus diolah sebelum dimakan. biasanya pisang kepok disajikan dengan cara direbus atau digoreng.

Pisang Tanduk

dikenal mempunyai ukuran yang terbilang panjang, satu buah pisang tanduk bisa mencapai panjang hingga 28cm. Buah Pisang tanduk berbentuk melengkung mirip seperti tanduk. Kulitnya tebal, berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam.

Warna daging buah kuning muda hingga putih kekuningan. Dalam satu tandan hanya terdapat 1-2 sisir dan setiap sisirnya terdapat 10-15 buah pisang tanduk. Sama halnya dengan buah pisang nagka, Dalam mengkonsumsinya, buah pisang tanduk ini harus diolah sebelum dimakan.

Pisang Nangka

jenis pisang ini mendapatkan julukan pisang nangka memang bukan tanpa alasan, pasalnya pisang ini dikenal mempunyai aroma yang harum dan tajam layaknya aroma buah nangka.

Dalam satu tandan terdapat 7-8 sisir, dan dalam satu sisir terdapat 14-24 buah pisang nangka. Buah pisang nangka juga dikenal mempunyai kulit berwarana hijau dan tebal meskipun sudah matang.

Ukurannya sedang dengan mencapai 15 cm. Pisang nangka ini termasuk jenis pisang yang harus diolah terlebih dahulu saat mengkonsumsinya. hal ini disebabkan pisang nangka mempunyai daging buahnya cenderung kenyal.

Pisang Raja Bulu

merupakan jenis pisang yang sangat terkenal di pulau Jawa. Buah pisang raja bulu memiliki ukuran sedang dengan karakteristik kulit buah tebal dan berwarna kuning menuju jingga saat sudah matang.

Buah pisang raja bulu hadir dengan citarasa yang sangat manis dengan aroma yang harum.Jumlah buah pisang raja bulu per sisir terdapat antara 14—16 buah. Dalam satu tandan biasanya terdapat 6—19 sisir.

Itu dia manfaat buah pisang yang bisa kalian coba buat dirumah. Bahan – bahan yang sederhana dan juga langkah – langkah yang mudah, pasti kalian juga bisa mencobanya sendiri dirumah tanpa repot.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua terutama bagi kalian yang sedang mencari manfaat buah pisang, dan kalian sudah tahu sekarang silahkan mencobanya.

Jangan lupa share artikel ini ke teman – teman, sahabat atau saudara ya, agar semakin banyak orang – orang yang mahir dengan manfaat buah pisang yang baik untuk dikonsumsi diatas. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya dan cara yang menarik lainnya…!!

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *