Mengatur Transportasi Burung Agar Tidak Stres

Mengatur Transportasi Burung Agar Tidak Stres –Ada beberapa pertanyaan yang kadang – kadang membuat anda sebagai orang awam dalam hal pemeliharaan burung mahal menjadi khawatir dan bingung mengenai bagaimana cara membawa burung (transpor) agar burung peliharaan anda tidak merasa tersiksa, tidak takut, nyaman dan terhindar dari perasaan stres berat dan seperti akan mati.

Untuk bisa membawa burung dengan aman, di bawah ini kami berikan beberapa prinsip yang perlu anda perhatikan lebih serius sehingga burung – burung anda selamat tiba di tujuan :

1.Burung jenis kecil bisa anda bawa di dalam kotak sepatu berlubang yang tetap harus diberi pelindung dengan penghagat misalnya handuk tebal yang lembut.

2.Untuk burung jenis besar yang sudah jinak karena lam anda pelihara, dapat dibawa di luar sangkar tetapi harus dilindungi dengan penghangat misalnya handuk atau kain tebal yang halus.

3.Sediakan pakan yang sehat dan secukupnya saja di dalam sangkar. Untuk burung peliharaan pemakan serangga, sediakan kroto bersih atau jangkrik bersih dan segar di dalam wadah yang ditempel pada salah satu dinding kardus dengan diikat tali kencang atau bisa juga ditebarkan pada bagian pinggir sangkar yang tertutup. Untuk pemakan buah, berikan pisang atau buah – buahan lain yang mengandung sedikit air.

4.Jagalah selalu suhu badan burung mahal peliharaan anda sekitar 40 derajat C karena pada waktu burung anda terkena sakit, suhu badannya sangat mudah turun dengan drastis, oleh karena itu ketika anda membawa burung di dalam sangkar dalam sebuah perjalanan jauh maka sangkar harus ditutup dengan kain bersih atau koran. Apabila mobil yang anda kendarai dilengkapi oleh alat penghangat maka hangatkan terlebih dahulu ruang atau kabin mobil. Disarankan selama dalam perjalanan untuk tidak membuka jendela mobil guna menghindari terpaan angin. Dan jangan menghidupkan AC.

5.Jaga – jaga guna mencegah burung stresdalam perjalanan jauh dengan memberi BirdVit menjelang anda akan berangkat ke tujuan.

Multivitamin yang terkandung dalam BirdVit wajib diberikan sebelum burung akan diberangkatkan yang akan membantu mereka mengurangi tingkat stres burung dan memberi tambahan daya tahan tubuh hingga sampai di tujuan. Contohnya adalah multivitamin yang wajib tersedia di rumah setiap saat untuk pemenuhan berbagai kebutuhan guna menjaga vitalitas burung seperti BirdVit.

Ketika anda sudah tiba di tujuan, segeralah keluarkan burung – burung peliharaan anda segera dari wadahnya lalu berikan lagi multivitamin setelah usai diberi makan dan minum secukupnya. Pemberian multivitamin kedua ini sangat penting untuk dilakukan terhadap burung – burung yang sedang menjalani transportasi khususnya untuk diikut sertakan dalam lomba kicau burung.

Kondisi tubuh burung agar tetap fit selama dalam perjalanan memang perlu dijaga dengan memperhatikan tips yang kami berikan tersebut di atas, sehingga dalam keadaan burung tetap bugar, mereka nantinya siap menghadapi lomba kicau burung. Hanya burung jantanlah yang dominan memiliki kicauan lantang paling merdu dibandingkan dengan burung betina. Untuk memulai proses belajar bernyanyi terhadap sekelompok burung – burung ocehan ini sebenarnya sangat mudah dulakukan, bisa dimulai sejak burung peliharaan anda tersebut masih piyik / anakan, atau pada tahap awal kehidupan mereka anda pelihara di dalam sangkar.

Demikian artikel ilmu peternakan yang bisa kami menginformasikan secara singkat semoga bermanfaat !

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *