Mitos dan Fakta Seputar Pertumbuhan Anak

Mitos-dan-Fakta-Seputar-Pertumbuhan-Anak

Cukup banyak dogma sekitar perkembangan anak yang tersebar dalam masyarakat. Jadi orang tua, Bunda harus pandai menanggapinya, ya, karena yang bernama dogma terang tidak seutuhnya disokong oleh bukti ilmiah.

Tiap ibu pasti ingin memberinya yang terbaik untuk anaknya seperti mengajak bermain permainan karet gelang. Terkadang, info yang belumlah jelas hadirnya darimanakah juga dapat terlihat memberikan keyakinan dan gampang dipercayai.

Tetapi, daripada langsung yakin dengan info yang simpang-siur aslinya, Bunda lebih bagus lebih waspada dan cari tahu dahulu kebenaran info itu dari dokter.

Dogma dan Bukti Sekitar Perkembangan Anak
Berikut ialah beberapa dogma dan bukti sekitar perkembangan anak yang penting Bunda ketahui.

  1. Anak diam memiliki arti ia baik saja
    Sebagian orang memandang jika anak jarang menangis memiliki arti ia baik saja. Tetapi kenyataannya, diam saja dan sedikit bergerak bisa juga sebagai pertanda bayi sedang sakit . Maka, Bunda malah harus mengecek jika Sang Kecil diam saja dalam saat yang lumayan lama.

Menangis sebagai salah satunya langkah Sang Kecil untuk berbicara atau mengatakan kemauannya. Jika Sang Kecil dapat menangis kuat, maknanya dia sehat dan banyak memiliki energi.

  1. Baby walkers menolong anak belajar jalan

Cukup banyak kita temui pemakaian alat tolong jalan (baby walker) pada anak-anak-anak umur latihan jalan. Walau sebenarnya menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, pemakaian baby walker malah beresiko, lho, Bun.

Pemakaian alat ini beresiko membuat Sang Kecil nahas, seperti jatuh atau terjungkal, bila tidak dipantau. Disamping itu, baby walker diperhitungkan dapat membuat bayi jadi malas untuk jalan sendiri karena telah terlatih memakai alat ini.

  1. Anak telat berbicara, kelak bisa juga sendiri
    Beberapa orang tua memandang jika anak telat berbicara bukan satu permasalahan yang besar karena nanti anak bisa berbicara sendirinya. Perlu Bunda ketahui, kekuatan bayi bicara perlu dilatih seperti kekuatan untuk jalan.

Maka tidak semestinya kekuatan ini dinanti saja sampai bisa mengalami perkembangan sendirinya. Bila memang sang Kecil memperlihatkan pertanda telat berbicara, cepatlah meminta kontribusi dokter atau pakar tumbuh berkembang anak supaya bisa mendapatkan pengatasan sedini mungkin.

  1. Menonton TV terlampau dekat tidak bagus untuk mata
    Banyak orang tua memandang jika anak yang membaca atau melihat TV terlampau dekat dapat alami pengurangan daya saksikan. Kenyataannya, selama ini belum terdapat bukti yang mengutarakan jika melihat tv terlampau dekat dapat membuat mata anak jadi hancur, lho.

Tetapi memang, rutinitas melihat tv terlampau dekat menjadi tanda jika Sang Kecil menanggung derita rabun jauh . Maka, peluang ada pemicu rabun jauh yang lain membuat tajam penglihatannya turun.

  1. Susu formulasi sama baiknya seperti ASI
    Cukup banyak orangtua yang memandang jika susu formulasi sama baiknya dengan ASI karena dipengaruhi oleh iklan produk susu formulasi di tv atau majalah.

Kenyataannya, air susu ibu (ASI) jelas akan lebih unggul dan tidak terpindahkan karena kandungan gizinya yang tinggi untuk perkembangan anak. Bahkan juga, ASI mempunyai anti-bodi yang tidak diketemukan pada susu formulasi. Anti-bodi ini penting membuat perlindungan anak dari infeksi dan penyakit.

Di jaman mengembangnya tehnologi seperti saat ini, Bunda bisa jadi dengar info tentang perkembangan anak disana sini. Selainnya mitos-mitos di atas, ada banyak dogma yang lain tersebar dalam masyarakat.

Tetapi, Bunda harus arif dan pandai saat menentukan info yang bakal diaplikasikan pada Sang Kecil, apa lagi yang berkenaan perkembangan anak. Untuk perkembangan Sang Kecil yang maksimal, tidak jadi masalah, donk, habiskan semakin banyak waktu untuk cari info yang tepat dan sumbernya terang?

Disamping itu, bila Bunda memperoleh permasalahan atau abnormalitas pada tumbuh berkembang Sang Kecil, tidak boleh sangsi untuk selekasnya mengantarnya ke dokter untuk mendapatkan pengecekan dan pengatasan selanjutnya, ya.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *