Peluang Usaha Kerajinan Batok Kelapa Untuk Inspirasi Bisnis

Peluang Usaha Kerajinan Batok Kelapa

Batok kelapa saat ini bisa dijadikan sebuah peluang usaha kerajinan batok kelapa yang omsetnya kedepan dipercayai akan berkembang. Selain itu dijadikan alasan untuk mengurangi limbah.

Batok Kelapa

Masih ingat dengan fungsi bagian pohon kelapa yang bisa digunakan untuk berbagai jenis barang?

Bahwa bagian-bagian pohon kelapa mempunyai manfaat yang berbeda-beda bagi manusia. Mulai dari daun yang bisa dianyam menjadi kulit ketupat hingga anyaman di atas bambu sebagai atap.

Buah pohon kelapa juga bisa menjadi minuman sehat dan menyegarkan yang terbuat dari air kelapa dan ampasnya. Pemanfaatan batang tanaman kelapa bisa untuk berbagai keperluan. Salah satu contohnya  membangun jembatan atau mengerjakan sesuatu di rumah.

Nah, ternyata selain ketiga meja tanaman kelapa tersebut, bagian tanaman kelapa yang lain juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Bagian Pohon Kelapa yang Bisa Dimanfaatkan Bisnis

1. Sabut Kelapa

Buah kelapa dikeluarkan dari ampas dan airnya masih bisa digunakan. Buah kelapa terdiri dari beberapa lapisan sebelum mencapai daging buah. Nah salah satu lapisannya adalah kelapa yang bentuknya seperti ijuk atau ijuk.

Meski terlihat seperti serat kasar, ternyata batok kelapa ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Kelapa-kelapa masih digunakan sebagai mesin pencuci piring tradisional di beberapa tempat daripada menggunakan spons pencuci piring.

Saat teman masuk ke suatu tempat, biasanya sebelum masuk, kita perlu membersihkan sepatu kita dengan cara menggosokkan sepatu di permadani kecil yang disebut keset.

Ada juga beberapa alas lantai batok kelapa yang diikat dan dibentuk menjadi permadani kecil. Oh iya kelapa kelapa juga bisa dijadikan pupuk cair ya sob dengan cara merendam batok kelapa dalam air kurang lebih selama 15 hari.

Nantinya, air rendaman kelapa-kelapa yang berubah menjadi hitam mengandung kalium klorida yang dapat digunakan sebagai pupuk cair. Bahkan kelapa bisa dijadikan bisnis lain. Banyak pebisnis yang jual Cocomesh, Cocopot, Cocopeet, dan lainnya.

2. Batok Kelapa

Selain lapisan batok kelapa, terdapat lapisan lain pada buah kelapa yaitu lapisan batok kelapa. Cangkang pada buah kelapa ini sama dengan tempurung milik penyu yang bertekstur keras.

Batok kelapa terletak di lapisan setelah tempurung kelapa dan langsung melindungi daging dan air kelapa. Oleh karena itu, buah kelapa sangat keras dan sulit retak karena terdapat batok kelapa yang melindungi daging buah kelapa.

Meski sulit, batok kelapa bisa digunakan untuk membuat berbagai macam barang lho, salah satunya adalah arang yang digunakan untuk membakar makanan.

Selain arang dari kayu atau batang pohon, arang juga bisa dibuat dari batok kelapa. Batok kelapa tidak hanya dapat digunakan sebagai arang tetapi juga untuk membuat berbagai kerajinan tangan seperti membuat sendok, gelas bahkan tas.

3. Akar Tanaman Kelapa

Saat melihat tanaman kelapa, terkadang akarnya mencuat sedikit dari tanah. Bentuk akar kelapa ini panjang dan agak bergelombang. Nah, akar tanaman kelapa juga memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Kita sering melihat tanaman kelapa tumbuh di berbagai tempat, dari pekarangan rumah hingga pantai.

Tahukah anda kawan Akar kelapa bisa menyerap air dalam jumlah yang banyak. Karena kemampuannya menyerap banyak air, akar kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah banjir.

Oleh karena itu, banyak pohon kelapa tumbuh di berbagai tempat, salah satunya di pemukiman penduduk. Akar kelapa juga bisa digunakan sebagai berbagai macam kerajinan tangan seperti membuat gelang, kalung, dan berbagai kerajinan tangan lainnya.

Nah itu tadi perbedaan kegunaan tanaman kelapa ya sob. Ternyata sebatang pohon bisa memanfaatkan semua bagiannya ya.

4. Mangkuk Batok Kelapa

Jika Anda memasak makanan dengan santan, Anda pasti membutuhkan kelapa, bukan? Jadi jangan membuang kerang karena bisa digunakan sebagai bahan kerajinan yang berguna.

Lebih ekonomis dan lebih tahan lama untuk digunakan. Salah satunya adalah mangkok cantik yang terbuat dari batok kelapa.

Anda membutuhkan gergaji besi dan amplas halus. Sediakan juga minyak mineral dan kuas kecil. Untuk melakukan langkah-langkahnya anda bisa memulai dengan memotong batok kelapa menjadi dua dengan gergaji.

Namun pemotongan harus dengan perbandingan 60-40. Bagian 60 digunakan sebagai mangkuk sedangkan bagian 40 digunakan untuk kaki dasar mangkuk.

Ampelas bagian luar dan dalam mangkuk agar lebih bersih dan halus. Semprotkan dengan bahan food-safe yang aman untuk makanan, seperti mineral oil. Sikat dengan kuas. Kemudian keringkan dan mangkok siap digunakan.

5. Lampu Hias

Dibutuhkan ketrampilan dan kemauan untuk menciptakan objek yang bernilai seni tinggi. Misalnya jika ingin mengubah batok kelapa menjadi lampu hias yang keren. Produk ini secara unik menggunakan seluruh bagian batok kelapa dan bahan ramah lingkungan lainnya.

Siapkan satu buah kelapa dan nampan kayu berukuran 12 x 12 cm. Siapkan juga kawat besi berukuran 30 cm dan tali anyaman yang terbuat dari batang pisang. Terakhir, siapkan kabel dan lampu malam kecil berwarna-warni.

Cara membuatnya, pertama kupas kelapa, kemudian gunakan amplas untuk membersihkan batok kelapa hingga halus. Buat pola pensil pada permukaan mangkuk, kemudian gunakan gergaji besi untuk membuat lubang pada mangkuk. Ini akan menjadi dudukan lampu.

Masukkan kawat ke penyangga kayu yang telah disediakan sebelumnya. Kemudian pasang kabel dan lampu ke penyangga kayu. Bungkus dalam lilitan tali batang pisang sehingga terlihat seperti batang pohon.

Letakkan batok kelapa di atas kawat seperti buah-buahan. Warnai lampu dengan pernis bening agar tampak berkilau.

6. Cangkir Minum

Batok kelapa bukan hanya sekedar mangkuk, tapi juga bisa menjadi gelas minum yang keren. Proses pembuatannya sedikit rumit karena cangkangnya keras tetapi akan lebih bagus setelah selesai. Ayo segera persiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat mug ini.

Anda membutuhkan batok kelapa dan kayu kelapa atau kayu lain untuk pegangannya. Kemudian siapkan gergaji dan amplas, serta kuas. Siapkan juga lem kayu dan minyak mineral.

Selanjutnya, potong sekitar 60 persen polong dari seluruh kulitnya. Lalu ampelas dan bersihkan bagian dalamnya. Aduk rata sampai semuanya halus.

Lanjutkan dengan membuat kaki cangkir dari sisa potongan cangkang. Rekatkan kaki dan cangkir. Jangan lupa rekatkan dengan gagang kayu kelapa. Biarkan mengering lalu gunakan minyak mineral untuk membuat cup cup lebih menarik.

Mengoleskan minyak mineral bisa membuat minum lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia.

7. Asbak rokok

Bagi orang-orang kreatif, batok kelapa bisa menjadi sejuta barang yang bermanfaat. Itu juga dapat menghasilkan dompet jika Anda pandai menggunakannya. Salah satu yang cukup mudah dibuat adalah asbak rokok.

Siapkan kelapa tua, gergaji besi, dan sekrup. Siapkan juga amplas, cat, dan bor kayu. Setelah itu, ambil batok kelapa dan haluskan hingga bersih dan halus. Potong cangkang menjadi dua dan ampelas bagian dalamnya.

Sebagian besar akan menampung abu, sebagian kecil akan menjadi kaki asbak. Dengan menggunakan bor, buat lubang di bawah cangkang dan kencangkan kaki dan asbak dengan baut. Warnai asbak secukupnya dan keringkan. Asbak batok kelapa siap pakai.

8. Celengan

Celengan artisanal biasanya terbuat dari tanah liat. Kali ini tidak ada salahnya membuat celengan dari batok kelapa.

Anda membutuhkan batok kelapa, amplas, cat, dan stiker. Caranya dimulai dengan membagi batok kelapa menjadi dua lalu amplas.

Lanjutkan menempelkan kedua bagian tetapi sisakan sedikit celah untuk memasukkan uang. Cat sampai kering lalu tempelkan stiker sesuka Anda. Celengan yang menarik siap digunakan.

9. Gantungan Kunci

Siapa bilang batok kelapa tidak bisa menjadi gantungan kunci? Anda bisa membuatnya menjadi barang berkualitas tinggi. Sebisa mungkin gunakan imajinasi Anda untuk membuat berbagai macam gantungan kunci yang menarik.

Sediakan pisau dan amplas. Jangan lupa gergaji kayu dan bor. Siapkan juga pernis dan bor serta kuas. Jangan lupa batok kelapa dan pulpennya, serta gantungan kunci yang sudah tidak terpakai.

Gunakan pisau untuk membersihkan serat yang masih menempel pada kulitnya. Kemudian ampelas kulitnya hingga bersih dan halus.

Lanjutkan dengan membuat pola pada batok kelapa dengan pensil. Kemudian potong polanya dengan gergaji. Dengan menggunakan alat bor sebagai gantungan, buat lubang di ujung mangkuk. Cat gantungan dan biarkan mengering. Gantungan kunci siap digunakan.

10. Kotak Tisu

Bosan dengan kotak tisu yang sama? Mungkin sudah saatnya Anda membuat kotak tisu dari batok kelapa.

Sediakan tempat tissue dari karton dan tali anyaman yang terbuat dari batang pisang. Kemudian siapkan juga pisau dan amplas, serta pernis dan lem kayu.

Cara melakukannya, pertama buang sisa serat dengan pisau, kemudian bersihkan permukaan mangkok dengan amplas. Pecahkan cangkang menjadi potongan-potongan kecil.

Bentuk bebas, bisa acak. Kemudian cat semua bagian dan rekatkan pecahan cangkang ke tempat tisu dengan lem. Terakhir, hias dengan anyaman tali batang pisang.

Demikian Peluang Usaha Kerajinan Batok Kelapa Untuk Inspirasi Bisnis anda kedepan. Semoga bermanfaat.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *