Pemanas Air Tenaga Surya Terbaik

Pemanas air tenaga surya, juga dikenal sebagai sistem air panas domestik surya sangat efisien dan cara yang lebih murah untuk menghasilkan pasokan air panas di tempat-tempat domestik.

Sistem pemanas air surya ini dapat digunakan di semua iklim dan bahan bakar yang mereka gunakan untuk menghasilkan panas adalah sinar matahari yang tersedia tanpa biaya.

Kelebihan dari Pemanas Air Tenaga Surya:

  • Ketersediaan air panas sepanjang tahun : Sistem pemanas air tenaga surya bekerja sepanjang tahun, hanya selama musim dingin Anda harus memanaskan air lebih banyak dengan bantuan boiler atau kantong tahan panas karena air mendingin dengan cepat selama musim dingin. .
  • Bebas Biaya : Kita tidak perlu membayar biaya bulanan untuk sistem ini karena sistem ini tidak memerlukan penggunaan listrik dan hanya menggunakan sinar surya yang tersedia tanpa biaya.
  • Tanpa Masalah Polusi: sistem ini alami dan terbarukan membantu dalam pengurangan gas karbon dioksida.

 Saat ini sebagian besar orang menunjukkan minat untuk membeli produk berbasis surya (surya) dan produk ini sangat berguna dalam menghemat listrik. Bahkan mahasiswa teknik juga menunjukkan minat untuk membangun proyek energi surya baru yang akan bermanfaat bagi generasi berikutnya.

Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya:

Sistem ini mencakup tangki penyimpanan dan panel surya yang disebut Kolektor yang dipasang di bagian atas bangunan. Ini mengumpulkan energi dari surya dan kemudian menggunakan energi itu. Untuk merebus air, tambahan boiler atau tangki tahan panas dapat digunakan.

Jenis Pemanas Air Panel Surya:

Ada dua jenis panel pemanas air surya. Yaitu,

  • Tabung tempat air
  • Kolektor plat yang halus dan rata, dipasang pada genteng atau terintegrasi di dalam atap.

Panel surya ukuran besar dapat diatur jika Anda ingin menghangatkan rumah. Ketika cuaca panas sangat kurang.

Jenis Sistem Pemanas Air Tenaga Surya:

Sistem pemanas air tenaga surya diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Sistem pemanas air tenaga surya Aktif
  • Sistem pemanas air tenaga surya Pasif

Sistem Pemanas Tenaga Surya Aktif:

Sistem tenaga surya aktif terdiri dari kontrol dan pompa sirkulasi untuk operasi.

Sistem pemanas tenaga surya aktif diklasifikasikan menjadi dua jenis:

  • Sistem sirkulasi langsung: Sistem sirkulasi langsung mensirkulasikan air rumah melalui kolektor karena sistem ini kebanyakan digunakan di tempat yang iklimnya panas dan kering.
  • Sistem sirkulasi tidak langsung: pompa di sini mengedarkan cairan transfer panas melalui kolektor dan penukar panas yang memanaskan air yang mengalir ke rumah. Sistem ini paling banyak digunakan di tempat-tempat di mana suhunya sangat dingin dan beku.

Sistem Pemanasan Tenaga Surya Pasif:

Dibandingkan dengan sistem pemanas surya aktif, sistem ini berbiaya rendah tetapi kurang efektif. Dan perangkat ini lebih dapat diandalkan. Sistem pemanas surya pasif tidak terdiri dari kontrol dan sirkulasi sebagai sistem pemanas aktif.

Sistem pemanas pasif diklasifikasikan menjadi dua jenis:

  • Sistem pasif kolektor-penyimpanan terpisahkan: sistem ini digunakan di tempat yang tidak terlalu beku. Sistem ini sangat berguna pada siang dan malam hari di rumah untuk air panas.
  • Sistem Termosifon: air mengalir melalui sistem ini ketika air hangat meningkat dan tingkat air dingin berkurang. Kolektor harus ditempatkan di bawah tangki penyimpanan sehingga air hangat naik ke tangki. Maka kinerja sistem akan baik, kontraktor harus memeriksa atap rumah sebelum pemasangan karena sistem ini sangat berat. Dan lebih banyak biaya daripada sistem penyimpanan kolektor integral.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *