Pengertian dan Ciri – Ciri Cerita Legenda

pengertian cerita legenda

Legenda adalah salah satu cerita prosa rakyat yang dianggap sebagian masyarakat dengan cerita yang benar – benar terjadi. Cerita legenda dianggap sebagai sejarah yang kolektif, walaupun cerita legenda tidak tertulis maka dari itu kisah legenda mengalami distorsi, sehingga cerita legenda sering jauh berbeda dengan kisah aslinya.

Cerita legenda dikaitkan dengna tokoh sejarah dan juga dibumbui dengan kesaktian, keajaiban, dan keistimewaan dari tokoh tersebut. Cerita legenda didefunusukan dengan cerita rakyat yang dianggap benar – benar terjadi.

Pengertian Cerita Legenda Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa ahli yang ikut berpendapat mengenai cerita legenda, antara lain.

1. Hooykaas

Menurutnya legenda adalah sebuah dongeng mengenai hal – hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung hal – hal yang ajaib atau keajaiban yang menandakan dengan kesaktian.

2. Pudentia

Menurut pudentia, legenda adalah cerita yang dipercaya sebagian penduduk setempat yang benar – benar terjadi adanya, akan tetapi cerita legenda tidak dianggap suci serta skarl yang membedakan dengan life.

3. Emies

Sedangkan menurut Emies legenda adalah cerita kuno yang setengah berdasarkan angan – angan dan setengahnya lagi berdasarkan sejarah.

Ciri – Ciri Cerita Legenda

Seperti cerita – cerita yang lain, cerita legenda juga mempunyai ciri atau karakteristik tersendiri yang membedakan dengan cerita lain. Berikut ini adalah beberapa ciri atau karakteristik yang membedakan cerita legenda dengan cerita yang lain, antara lain.

  • Sifatnya berupa sekuler atau keduniawian.
  • Cerita legenda memiliki sifat migration (berpindah – pindah).
  • Tokoh dari cerita ini umumnya manusia bukan biantang atau pun tumbuhan.
  • Cerita legenda dipercaya sebagai kejadian yang benar terjadi pada masa lampau.
  • Cerita legenda bersifat siklus, yang dimaksud siklus disini adalah menceritakan mengenai tokoh pada zaman tertentu.
  • Secara kolektif yakni sejarah yang sering mengalami distorsi waktu karena cerita legenda tidak tertulis, dan umumnya cerita legenda berbeda dengan cerita yang aslinya karena sudah mengalami distorsi dari waktu ke waktu.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai cerita legenda, jika kalian masih belum paham bisa baca contoh legenda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, dan semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi. www.pintarnesia.com

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *