Pengertian Rukun Islam dan 5 Perkaranya

Rukun Islam sama halnya dengan rukun iman yang mempunyai prinsip-prinsip dan ibadah yang harus diketahui dan melakukan bagi orang-orang muslim.

Andaikata rukun iman melakukan setelah kalian mengimani aliran agama islam, maka rukun islam malah patut kalian lakukan agar menjadi seseorang muslim yang sempurna. Kenapa dapat seperti itu?

Rukun islam dan rukun iman agak berbeda, dimana rukun islam kian banyak diwujudkan dalam bentuk kegiatan dan aktivitas fisik.

Sedangkan rukun iman condong diwujudkan melewati keyakinan hati dan perubahan pola pikir, dari yang tidak mengenal islam, menjelma lebih mendalami dan memahami tentang islam.

Baca Juga : Bacaan Sholawat beserta hikmahnya

Seseorang diucapkan sebagai seorang muslim atau enggak dapat ditentukan melewati kurang lebih indikator, dimana indikator tersebut diciptakan dalam lima amalan pokok yang dipelajari dalam islam. Lima amalan indikator tersebut diingat sebagai rukun islam. Jadi, bila kalian ingin dikatakan sebagai seseorang muslim yang sesungguhnya kalian seharusnya melakukan rukun islam.

Sama halnya yang sudah diucapkan tadi, rukun islam terdiri dari lima perkara, yakni:

  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat
  2. Mendirikan shalat
  3. Mengerjakan puasa di bulan ramadhan
  4. Mengeluarkan zakat
  5. Naik haji bila mampu

Terdapat beberapa hadis yang menuturkan hal adalah berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang menyebut bahwa Nabi Muhammad sudah bersabda pada para sahabat :

“Agama Islam berdiri atas lima dasar utama, yakni mengucapkan dua kalimat syahadat yang bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan mengerjakan haji ke makkah.”

Begitu pentingnya rukun islam sehingga menjadi patokan penanda yang bisa menentukan seseorang dianggap sebagai seseorang muslim atau bukan. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim sejati kalian harus sungguh-sungguh menjalankan dan mendalami apa yang ada didalam rukun islam. Walaupun berupa kegiatan raga, tapi penafsiran makna rukun islam sangatlah penting. https://angalul.com

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *