Inilah Penyebab Muntah pada Kucing dan Perawatannya

Penyebab Muntah pada Kucing

Kucing mengalami muntah hingga lemas sudah menjadi hal yang wajar terjadi. Kondisi seperti ini harus mendapatkan pertolongan yang tepat agar tidak semakin parah. Di sisi lain, Anda juga perlu mengetahui faktor apa yang menyebabkannya muntah.

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, barulah dilanjutkan ke proses penanganan. Kondisi ringan atau parah, sebaiknya dibawa ke dokter terlebih dahulu. Setelahnya bisa mengikuti anjuran dari dokter, apakah bisa dirawat mandiri atau perlu rawat inap.

Penyebab Muntah pada Kucing dan Perawatannya

1. Hairball

Hairball merupakan muntahan kucing yang berupa gumpalan rambut. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh kucing anggora. Kasus seperti ini wajar terjadi mengingat kucing memiliki kebiasaan membersihkan bulunya sendiri dan terkadang bulunya ikut tertelan.

Cara mencegahnya adalah Anda harus membantu merawat bulunya. Di sini bisa menggunakan alat khusus untuk menyaring bulu-bulu yang sudah rontok, namun masih ada di tubuh kucing. Jika tidak ingin repot, Anda bisa membawanya ke pet care.

2. Kebiasaan setelah Makan

Beberapa kucing, termasuk kucing anggora, persia dan sejenisnya memiliki kebiasaan beraktivitas setelah makan. Aktivitas yang terlalu aktif dapat menyebabkan perut kucing menjadi tidak nyaman dan bisa membuatnya muntah. 

Kondisi lain seperti makan terlalu cepat juga bisa membuatnya muntah. Cara mengatasi untuk masalah ini adalah Anda harus memperhatikannya ketika makan. Cobalah untuk mengangkat tempat makan ke atas sebentar, lalu diberikan lagi.

3. Menjilat Cairan Asing

Kucing memiliki kebiasaan untuk mencium bau-bau baru dan menjilatnya. Kebiasaan menjilat pada kucing ini cukup berbahaya ketika menjilat cairan asing seperti pembersih lantai, air hujan dan lain sebagainya. Kondisi ini akan memicu asam lambung pada kucing.

Jika asam lambung tersebut naik, maka kucing bisa muntah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyediakan tempat minum di beberapa tempat dan menjauhkan segala cairan air ke tempat yang tidak bisa dijangkau. Perhatikan juga ketika kucing hendak minum air dari selokan atau sejenisnya.

Tiga faktor penyebab di atas merupakan faktor yang seringkali dijumpai. Apabila kucing sudah terlanjur muntah, sebaiknya dibawa ke dokter sesegera mungkin agar mendapatkan perawatan seperti yang dianjurkan web adhdmalta.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *