Perhitungan Harga Pemasangan Paving Block Per M2

pemasangan paving block per m2

Perhitungan Harga Pemasangan Paving Block Per M2

Penentuan Harga Pemasangan Paving Block Per M2 pada dasarnya ditentukan oleh berbagai macam faktor dan tentunya sangat relatif, bahkan terkadang jika luas area yang anda punya sangatlah luas, masih bisa dilakukan negosiasi harga. Jadi anda tidak perlu begitu khawatir, sebab biasanya para penyedia jasa pemasangan paving block memiliki standar biaya yang tidak begitu memberatkan. 

Perlu diketahui bahwa perhitungan biaya pembelian serta pemasangan paving block untuk beberapa keperluan seperti perataan halaman rumah maupun perataan jalan, perlu dilakukan perencanaan yang matang. Apalagi jika anda memiliki tujuan selain untuk meningkatkan daya serap air ataupun menghindari jalanan becek di musim penghujan. Tujuan yang dimaksud ini adalah peningkatan nilai estetika. Sebab, dengan perkembangan teknologi, saat ini paving block yang tersedia memiliki berbagai macam bentuk dan pola yang lebih menarik dibanding sebelumnya. Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan atau impian yang anda inginkan, anda perlu merencanakan tahapan-tahapan pekerjaan pemasangan paving block dengan matang. Untuk itu, kami berikan beberapa informasi mengenai Harga Pemasangan Paving Block Per M2 agar anda lebih mudah dalam menentukan harga yang sesuai kantong anda.

Tiga Jenis Paket Pemasangan Paving Block

pemasangan paving block per m2

Secara umum, Harga Pemasangan Paving Block Per M2 biasanya terdiri atas tiga jenis paket utama, pertama adalah paket yang termasuk didalamnya pembayaran upah tenaga kerja dan disertai paving block setebal 6 cm, lalu paket dengan paving block setebal 8 cm, dan terakhir adalah paket yang hanya ditujukan untuk orang-orang yang hanya membutuhkan jasa pemasangan saja. Bisanya, paket yang terakhir memiliki luas minimum pengerjaan. 

Biasanya, sebelum memulai pemasangan paving block, dilakukan survey lokasi untuk melakukan persiapan dan perapihan lahan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah perataan tanah serta pengurugan atau biasa disebut dengan istilah cut and fill dan dilanjutkan dengan proses levelling. Setelah proses persiapan selesai dilakukan, barulah dilakukan pemasangan paving block dengan cara sebagai berikut. Pertama, penggelaran abu bata di area pemasangan dengan tebal sebesar ± 5 cm, kemudian dipasangi paving block, lalu pengisian pasir, dan terakhir dilakukan perataan kembali diatas paving block yang telah terpasang dengan menggunakan stamper kuda ataupun stamper kodok. Untuk detail lebih lanjut mengenai fasilitas apa saja yang ada pada masing-masing paket, simak penjelasan mengenai Harga Pemasangan Paving Block Per M2 berikut.

Terdapat tiga paket utama yang biasanya disediakan oleh kontraktor pemasangan paving block. Pertama, paket dengan biaya sebesar Rp 170.000 per m2 yang disertai dengan paving block kualitas K300 berjenis press hydraulic setebal 6cm. Fasilitas yang diperoleh berupa persiapan lahan sebelum pemasangan, levelling lahan, penggelaran abu batu setebal 5 cm hingga pemadatan kembali area pemasangan menggunakan stamper kodok. Lalu untuk paket selanjutnya, harga pemasangan paving block per m2 dengan biaya sebesar Rp 190.000 per m2 hampir sama dengan paket sebelumnya, bedanya paket ini menyediakan paving block dengan ukuran yang lebih tebal, yaitu 8 cm. Terakhir, paket yang khusus ditujukan bagi anda yang telah memiliki paving block dan hanya membutuhkan jasa pemasangannya saja. Biaya yang perlu anda keluarkan adalah sebsar Rp. 90.000 per m2.

Demikian ulasan mengenai harga pemasangan paving block per m2, semoga bermanfaat untuk anda dalam menentukan jasa yang akan anda gunakan.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *