Perlukah Doa Sebelum Belajar Ilmu Umum?

Perlukah Doa Sebelum Belajar Ilmu Umum?
Perlukah Doa Sebelum Belajar Ilmu Umum?

Dalam belajar ilmu yang mana sudah sangat banyak hadist tentang menuntut ilmu yang menerangkan tentang pentingnya berdoa sebelum belajar, tapi di dalam hadist tersebut hanya menerangkan tentang belajar ilmu agama atau ilmu syariat, lalu bagaimana dengan kalau kita belajar ilmu umum atau ilmu keduniaan?.

Ya memang di dalam hadist yang menerangkan tentang menuntut ilmu tersebut adalah belajar ilmu agama, karena kitapun mengetahui dari hadist tersebut bahwa yang wajib kita pelajari adalah pelajaran agama islam bukan belajar ilmu umum atau dunia, karena perbedaan dari ilmu agama dan ilmu duniasangat jauh sekali.

Bagaimana tidak jauh, mempelajari ilmu agama sifatnya wajib sedangkan mempelajari ilmu dunia hanya bersifat mubah atau boleh saja, tapi dalam memandang sebuah hadist tentu kita tidak bisa melihat dari sisi isinya saja atau matannya saja, tapi perlu juga kita lihat dari sisi keumuman hadist tersebut.

Belajar Ilmu Umum dan Duniawi Baik

Perlu kita ketahui bahwa ilmu duniawi adalah suatu hal yang mubah atau boleh, tapi bisa menjadi sebagai ibadah jika kita niatkan untuk beribadah dan mencari pahala dari ALLAH Subhana Hu Wataala, dan syarat agar kegiatan belajar kita menjadi ibadah adalah.

Pertama harus ada niat, dan niat ini adalah niat karena ALLAH Subhana Hu Wataala, dan meniatkan juga untuk kemaslahatan kita bersama.

Kedua, yang kita pelajari tersebut adalah ilmu yang halal atau boleh, bukan ilmu yang tercela atau ilmu untuk memudhorotkan orang lain.

Ketiga berdoa,kita harus berdoa kepada ALLAH sebagaibentuk ketidak berdayaan kita akan ilmu yang akan di sampaikan, karena ilmu yang kita dapatkan sejatinya adalah karena karunia dariALLAH semata.

Berdoa Sebelum Aktifitas Belajar Adalah Di Anjurkan

Dari pemaparan di atas bahwa ilmu dunia akan menjadi ibadah dan berpahala jika dikerjakan dengan niat baik, ilmu yang di pelajari adalah ilmu yang maslahat dan diiringi dengan doa, jadi bisa disimpulkan bahwa berdoa sebelum belajar ilmu duniawi atau ilmu umum adalah dianjurkan.

Setelah mengetahui bahwa doa sebelum belajar ilmu dunia adalah baik, sekarang saatnya anda menghafal doa belajar, baik doa sebelum belajar maupun doa setelah belajar, karena banyak dari kita tidak hafal doa belajar.

Doa Belajar Yang Ringkas

Kalau kita belum tahu bagaimana doa sebelum belajar, maka kita bisa menggantinya dengan doa yang pendek saja, tahukah anda apa itu doa belajar yang ringkas?.

Membaca Basmallah, atau baca saja “Bismillahirahman Nirrahim”, inilah doa belajar yang sangat ringkas dan kita sudah tahu akan bacaan basmallah ini.

Bacaan basmallah ini bisa di gunakan untuk awal kita melakukan kegiatan apapun selain dari belajar, dan segala aktifitas kita sebelum memulainya di sarankan untuk membaca Basmallah.

Sebenarnya masih banyak lagi doa belajar yang ringkas dan juga yang panjang tapi untuk awal dan permulaan bacalah doa yang ringkas ini, nanti setelah kita rutin membacanya, kita bisa menghafal bacaan doa belajar lainnya.

Baca juga: Ulasan Website Islami.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *