Pinjaman Jangka Panjang Dalam Bentuk Hunian, Inilah Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Dalam dunia Fintech, ada yang disei dengan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. KPR adalah salah satu jenis sistem kredit dengan jangka panjang yang diajukan oleh pihak bank atau terkait kepada nasabah khusus dalam pembelian hunian.

Berdasarkan aturan, rumah yang hendak dibeli oleh pihak nasabah, kelak akan dijadikan sebagai jaminan dalam perjanjian yang dibuat terlebih dahulu dengan kesepakatan bersama. Sehingga pihak nasabah pun tidak perlu untuk menabung selama bertahun-tahun untuk membeli sebuah hunian impian.

Pihak penawar KPR akan membiayai pembelian rumah baik itu rumah baru maupun bekas, baik dalam bentuk kontruksi ataupun sudah jadi. Variasi dari KPR pun beragam, tergantung pada bank tersebut.

Adapun cara kerja KPR ini adalah saat nasabah ingin membeli rumah, maka nasabah perlu juga menyiapkan sejumlah dana karena biaya yang ditanggung oleh KPR tidak sepenuhnya atau 100%. Pada umumnya, KPR sendiri memiliki persentase berupa plafon pinjaman dengan harga murah untuk biaya yang akan ditanggung oleh pihak pengurus, kemudian sisanya akan di tanggung oleh nasabah.

Adapun besar kecilnya plafon pinjaman dipengaruhi oleh beberapa faktor berbeda seperti palfo. Akan diberikan lebih tinggi apabila terdapat catatan Informasi Debitur Individual atau IDI, sedangkan plafon akan seketika menjadi rendah ketika nasabah memiliki porsi kredit lebih tinggi dari penghasilan.

Setelah transaksi awal telah sah dan persyaratan termasuk dan telah selesai, maka dana kredit akan secara langsung disampaikan kepada penjual rumah oleh pihak pengurus bank. Setelahnya, KPR berjalan dan nasabah mulai membayar angsuran setiap bulannya hingga durasi yang ditentukan pada perjanjian awal selesai.

Bunga KPR sendiri dihitung menggunakan kalkulasi anuitas, yang berarti bunga dihitung berdasarkan sisa dari pokok pinjam uang setelah dicicil. Dan umumnya pihak bank di Indonesia menawarkan suku bunga KPR tetap untuk beberapa tahun pertama, dan difloatingkan atau diambangkan kemudian. Untuk durasi tentunya tergantung pada masing-masing produk yang ditawarkan.Demikianlah sekilas penjelasan untuk Anda yang hendak melakukan kredit pemilikan rumah. Harap ketahui dan kenali dulu jenis pinjaman yang akan Anda ambil sebelum memutuskannya. Semoga bermanfaat.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *