Resep Sate Usus Bacem Yang Lezat Praktis

Resep Sate Usus Bacem

Pada dasarnya artikel kali ini saya akan membahas tentang resep sate usus bacem yang istimewa. Menu ini sangatlah disegani dan disuka oleh semua orang karena makanan tersebut begitu mudah sekali untuk didapat maupun dibuat. Penasarankan? Mari simak dibawah ini.

1. Penjelasan Sate Usus

Makanan yang terbuat dari usus ayam yang dipotong dengan ukuran kecil-kecil dan ditusukan sedemikian dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Resep Sate usus dihidangkan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate.

Sate ialah hidangan yang sangat populer di Indonesia dengan berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak dapat menghasilkan berbagai jenis sate.

Di wilayah Indonesia, sate tersebut dapat diperoleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran kelas atas, serta resep sate usus kerap dihidangkan dalam pesta dan kenduri. Resep dan cara pembuatan sate ini memiliki beraneka ragam yang bergantung dengan variasi dan resep masing-masing daerah.

2. Resep Sate Usus Bacem

Bahan-bahan:

  • 400 gram usus ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 500 ml air kelapa
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 2 cm jahe parut
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 700 ml minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:

  • 8 butir bawang merah (gunakan mesin pengupas bawang)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh jinten
  • 2 butir kemiri, disangrai

Cara Membuat Sate Usus Bacem:

  1. Lumuri usus ayam dengan 1 sendok makan larutan air kapur sirih. Cuci bersih.
  2. Rebus usus ayam, garam, air, dan jahe sampai empuk. Tiriskan.
  3. Aduk rata bumbu halus, kecap manis, gula merah, usus ayam, jahe, serai, dan lengkuas. Rebus sampai meresap.
  4. Tusuk-tusuk usus ayam secara berlipat.
  5. Goreng sebentardalam minyak yang sudah dipanaskan.

3. Peluang Usaha Sate Usus 

Pedagang sate usus panggang dapat berjualan di sisi kanan kiri jalan raya di tempat yang tak jauh dari pasar ataupun lokasi di sebelah kampus. Biasanya, antar penjual sate usus mempunyai aturan bahwa untuk wilayah tertentu hanya ada seorang penjual sate saja.

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka bisnis sate usus antara lain gerobak, tenda, meja, kursi, panggangan sate, pisau iris, dan kipas listrik. Sarana dan prasarana sarapan berupa piring, mangkuk, gelas minum, sendok makan dan garpu makan.

Sedangkan Tenda bisa juga dibuat berukuran kecil atau sedang tergantung kapasitas tempat serta kondisi keramaian pengunjung. Meja makan dari kayu bisa dibuat satu hingga 2 meja dengan kursi minimal 6 sampai sepuluh buah kursi.

Pemilik bisnis bisa turun tangan sendiri atau menyuruh sejumlah karyawan. Karyawan dapat menjalankan tugas melayani orderan konsumen atau membakar sate usus. Pekerja sebaiknya dilatih lebih awal proses membakar sate usus yang tepat supaya mengetahui proses kematangan daging secara benar.

Promosi bisa memanfaatkan banner bertuliskan jenis bisnis yang ditempelkan sekitar tenda atau gerobak dorong Anda. Banner dapat dilengkapi gambar sate usus yang menarik perhatian sehingga bisa mengundang konsumen.

Kelemahan bisnis sate usus antara lain merebaknya penjual makanan serupa. Mutu dan harga yang ditawarkan oleh pedagang cukup bervariasi sehingga pedagang sate usus kecil harus bisa membaca celah supaya dapat bersaing.

Berikut hidangan resep sate usus bacem yang lezat dan sangatlah praktis. Menu ini sangatlah disegani dan disukai oleh semua orang karna jajanan tersebut cukuplah mudah dalam mempraktekan nya dan rasanya juga tak kalah dengan sate-sate lain. Selamat Mencoba dan jika Ac Anda di rumah bermasalah bisa service ac rutin di service ac jogja. Sekian dan terimakasih.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *