Sejarah Domba Dorper

Beberapa th. terakhir, banyak upaya yang dikerjakan untuk menambah performa domba di Indonesia. Salah satunya adalah SK Menteri Pertanian RI, berkenaan “Pelepasan Introduksi Rumpun Domba Dorper” di Jawa Barat untuk menolong produktivitas domba lokal.

Karena keunggulan itulah domba dorper kini ngetrend di kalangan peternak Indonesia. Harga pejantan indukan domba dorper Afrika mampu raih Rp 25-27 juta per ekor. Setelah dikawinsilangkan bersama dengan domba lokal, bobot keturunannya sedikit turun jadi lebih kurang 80-90 kilogram per ekor. Harga keturunan domba dorper itu berkisar Rp 7 juta per ekor.

Adapun awassi Suriah merupakan domba bersama dengan postur paling besar. Bobot maksimalnya apalagi mampu raih 145 kilogram per ekor. Harga domba awassi dari Suriah itu termasuk berkisar Rp 25-27 juta per ekor.

Sementara itu, domba texel Belanda telah banyak dikembangkan peternak di Wonosobo. Domba texel termasuk mempunyai postur tinggi besar bersama dengan bobot maksimal raih 80 kilogram per ekor. Harganya berkisar Rp 4-6 juta per ekor.

Domba dorper merupakan ras domba tipe penghasil daging yang punya perkembangan yang cepat. Domba ini pertama kali dikembangkan di Afrika Selatan pada th. 1930-an yang dikerjakan oleh Departemen Pertanian Afrika Selatan.

Ras domba dorper merupakan hasil perkawinan silang antara domba blackhead persian dan domba dorset.Pemilihan domba blackhead persian sebab ras domba ini punya pembawaan yang tahan banting, tidak selektif dalam konsumsi pakan khususnya selagi digembalakan (non-selective grazing), serta punya kapabilitas mengasuh anak yang baik.

Sedangkan penentuan domba dorset didasarkan pada kapabilitas menghasilkan karkas yang memiliki kwalitas bersama dengan perkembangan yang cepat.

Domba dorper sendiri terdiri dari domba yang berkepala hitam dan domba yang seluruh tubuhnya berwarna putih (White Dorper).

Kini, keberadaan domba dorset merupakan yang terbesar ke-dua di Afrika Selatan dan telah menyebar ke seluruh dunia. Beberapa negara yang mengembangkan domba ini adalah Australia, New Zealand, Inggris, China, Kanada, Jerman, Swiss, Amerika Serikat, Amerika Selatan, dan lebih dari satu negara lainnya.

Ayo Berbagi Tips