Seluk Beluk Mengenai Ekspedisi yang Kamu Harus Tahu

jasa pengiriman barang

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa jual beli menjadi kegiatan yang marak yang dapat kita temui di kehidupan sehari-hari. Dalam jual beli, kita dapat melihat unsur-unsur yang saling berkaitan yakni took online atau marketplace, pembeli, juga jasa kurir pengiriman.

Perkembangan pengguna internet di Indonesia sangat pesat. Dengan peningkatan jumlah pengguna internet yang cukup signifikan, potensi peluang usaha melalui dunia maya di Indonesia terbuka lebar.

Dewasa ini, banyak orang yang membutuhkan jasa pengiriman barang. Semakin banyaknya kebutuhan masyarakat, entah itu kebutuhan pokok maupun sekunder pasti memerlukan jasa pengiriman barang dan ekspedisi yang memudahkan mereka. Apalagi saat ini terdapat banyak  toko-toko online melalui platform seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak maupun yang lainnya dan membuat semakin banyaknya orang yang membutuhkan jasa ekspedisi.

Adapun cara kerja dari perusahaan ekspedisi, yaitu:

1.      Ada barang yang akan dikirimkan

Tanpa adanya barang yang kan dikirimkanmaka perusahaan tidak akan bisa berjalan. Namun, barang yang dikirimkan harus sesuai dengan ketentuan dan peraturan perusahaan.

2.      Packing atau pengemasan barang

Untuk menjamin keselamatan barang tanpa kerusakan, maka metode dan jenis pengemasan barang akan sangat memperngaruhi terhadap barang yang akan dikirim. Barang pecah belah, barang berbentuk cairan dan makanan biasanya mendapat perhatian khusus dalam pengemasannya bahkan beberapa ekspedisi tidak mau menerima barang-barang tersebut jika tidak dikemas dengan baik.

3.      Administrasi dokumen

Surat-surat administrasi dokumen dari pihak terkait biasanya diurus oleh perusahaan ekspedisi.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang jasa pengiriman, kamu juga harus mengetahui apa saja jenis layan pengiriman barang yang terbaik.

Sebelum menggunakan jasa ekspedisi, ada baiknya jika kamu memahami dan mengetahui jasa pengiriman berdasarkan rutenya. Ada berbagai rute yang dapat digunakan sebagaimana kebutuhan kamu. Harganya juga bervariasi tergantung dengan lokasi tujuan pengiriman. Semakin jauh areanya, maka biayanya juga agak mahal. Maka dari itu, simak penjelasan berikut:

4.      Jasa kirim antar kota

Jasa kirim antar kota menjadi salah satu layanan terbaik. Pelayanan dari ekspedisi ini memudahkan pelanggan karena meskipun tinggal di tempat yang berbeda, orang masih bisa saling mengirim barang. Layanan ini dapat mempererat persaudaraan 2 belah pihak. Berkat adanya layanan ini, barang di kota lain dapat dimiliki tanpa pergi langsung ke kota tersebut. Dengan kata lain, adanya layanan ini dapat menghemat tenaga, bahkan pelanggan boleh request layanan yang ingin dia gunakan, seperti tercepat maupun regular.

5.      Jasa kirim luar pulau

Layanan lain yang dapat digunakan yaitu kirim barang ke luar pulau. Kebanyakan menggunakan armada mobil dan kapal. Dipisahkan oleh laut bukan menjadi halangan bagi jasa ekspedisi untuk mengirim barang dari para pelanggan. Seperti misalnya mengirim barang dari Jawa ke Kalimantan atau bisa saja dari Jawa ke Papua. Saat ini ekspedisi menyediakan berbagai jasa pengantaran dengan harga yang terjangkau dan juga sudah didukung oleh asuransi sehingga aman jika ingin mengirimkan barang berharga. Adanya jaminan tersebut agar pelanggan merasa tenang jika melepas barang untuk dipaketkan ke tempat tujuan.

6.      Jasa kirim luar negeri

Layanan terakhir yang disediakan yakni layanan kirim ke luar negeri. Dengan adanya layanan ini, kamu bisa mengirimkan barang kepada saudara yang ada di negeri jauh. Biasanya tarif yang harus dibayar lebih mahal dibandingkan jasa pengiriman antar kota dan pulau. Meskipun demikian, adanya layanan ini mempermudah setiap orang yang membutuhkan barang dari negara lain.

Untuk kamu yang bingung ingin menggunakan jasa ekpedisi, kamu bisa menggunakan jasa dari Transloka Group. Transloka Group menyediakan jasa pengiriman barang ke seluruh Indonesia dengan biaya yang murah tentunya.

Sebagaimana yang diketahui kebanyakan orang akan memilih jasa ekspedisi dengan harga yang murah untuk meminimalkan biaya pengeluaran mereka. Selain itu, Transloka Group juga menjamin keselamatan  barang yang dikirim agar aman sampai tangan penerima.