Sunnah-sunnah Dalam Sholat

Sunnah dalam sholat

Sunnah-sunnah Dalam Sholat – Assalammu’alaikum hai muslimin dan muslimat yang sedang mencari ilmu. Bagaimana kabar kalian ? semoga dalam keadaan sehat wal’afiat tanpa kurang suatu apa Atas nikmat yang telah kita rasakan ini.

Kita berkewajiban untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT dalam keadaan apapun, agar menjadikan diri kita pribadi yang tidak sombong dan tetap mengingat bahwa semua yang kita miliki di dunia ini hanya titipan dari Allah SWT semata.

Shalawat dan salam semoga selalu kita curahkan kepada Rasulullah SAW, keluarga beserta kerabatnya yang telah berupaya sepenuh hati sekuat tenaga ketika menyiarkan Islam. Dan dari peristiwa-peristiwa yang telah dialami Rasul, kita patut mencontoh sikap dan sifat Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi peristiwa tersebut, agar kita menjadi umat yang selalu istiqomah di jalan-Nya, amiin ya Rabbal’alamiin.

Pada kesmpatan kali ini tentu kita membahas Kumpulan Sunnah Dalam Melakukan Sholat. Dalam sholat terdapat sunnah-sunnah yang dianjurkan untuk kita kerjakan agar pahala yang kita perolehpun sempurna dan membiasakan diri kita untuk tidak meninggalkan suatu ibadah yang bersifat sunnah. Sebelum melanjutkan baca tentang sunnah dalam sholat anda harus tahu tentang syarat dan rukun sholat. Syarat tersebut diantaranya adalah menutup aurat.

Pentingnya Melakukan Sunnah

Karena kebanyakan umat Muslim mengutamakan yang wajib atau fardhu dan meninggalkan yang sunnah, memang yang fardhu adalah wajib tetapi lebih baik serta lengkap lagi ibadah kita jika keduanya berjalan beriringan setiap harinya.

Sunnah sholat terbagi menjadi tiga pada awalnya yakni sunnah yang dikerjakan sebelum sholat, sunnah dalam melakukan sholat, dan sunnah yang dikerjakan seusai sholat. Namun yang kita bahas adalah Sunnah Dalam Melakukan Sholat.

Sholat merupakan kunci daripada keimanan kita terhadap Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Maka dari itu kerjakanlah segala hal yang wajib dalam sholat serta jangan menyia-nyiakan yang sunnah dalam sholat.

Karena apabila kita mengerjakannya secara berdampingan maka ilmu dan pahala yang kita perolehpun lengkap serta afdol. Hari ini kami selaku team penulis tuntunansholat akan membahas Kumpulan Sunnah Dalam Melakukan Sholat yang wajib kalian pelajari agar ibadah kalian lebih baik lagi dari sebelumnya.

Sunnah Dalam Melakukan Sholat kami anggap penting, sehingga kita tahu mana yang benar dalam sholat. Yuk simak Sunnah Dalam Melakukan Sholat yang telah kami rangkum sedemikian rupa agar kalian lebih mudah lagi untuk mempelajari Sunnah Dalam Melakukan Sholat. Jika ada yang mudah kenapa harus memilih yang susah.

Terdapat Dua Sunnah Dalam Melakukan Sholat

Sunnah-sunnah tersebut adalah Sebagai Berikut Ini :

  1. Sunnah Ab’adh
Sunnah dalam Sholat

Sunnah Ab’adh merupakan suatu gerakan maupun bacaan yang harus kita kerjakan dalam sholat, namun jika kita lupa dapat ditutupi dengan melakukan sujud sahwi. Yang termasuk Sunnah Ab’adh adalah : Sunnah Dalam Melakukan Sholat membaca tasyahud awal, lalu melafadzkan shalawat pada saat tasyahud awal juga termasuk Sunnah Dalam Melakukan Sholat.

Setelah itu melantunkan shalawat untuk keluarga Rasulullah SAW ketika tasyahud akhir dan mengucapkan doa qunut di sholat subuh serta sholat witir saat pertengahan Bulan Suci Ramadhan sampai akhir Bulan Penuh Berkah tersebut turut tercantum pada Sunnah Dalam Melakukan Sholat.

B. Sunnah Ha’iat

Sunnah ha’iat yaitu suatu hal dalam wujud gerakan ataupun bacaan yang harus disyariatkan untuk kita lakukan dalam sholat. Namun apabila kita lupa akan hal tersebut maka kita tidaklah perlu melakukan sujud sahwi.

Inilah perbedaan antara Sunnah Ab’adh dengan Sunnah Ha’iat. Sedangkan yang tergolong sunnah ha’iat yakni : Sunnah Dalam Melakukan Sholat pertama ketika kedua tangan kita terangkat dalam takbiratul ihram saat rukuk ketika berdiri lalu rukuk kembali, Saat bersedakep meletakkan tangan kanan diatas pergelangan tangan kiri, Melafadzkan doa seusai takbiratul ihram.

Mengucapkan ta’awud sebelum mengucapkan Surat Al-Fatihah dan mengucap amiin setelah melafadzkannya, Membaca surat-surat yang terdapat pada Kitab Suci Al-Qur’an ketika rakaat kedua sehabis Surat Al-Fatihah.

Mengeraskan suara kita ketika mengucapkan Surat Al-Fatihah dan suratan pendek saat rakaat pertama serta rakaat kedua saat melaksanakan sholat subuh, mahgrib dan isya selain makmum, Senantiasa mengucap kalimat takbir dalam setiap awal gerakan, Mengucap kata tasbih saat rukuk dan sujud dalam melakukan sholat.

Sunnah Dalam Melakukan Sholat selanjutnya ketika bangkit dari rukuk melafadzkan kalimat “Sammi’allahu liman hamidah” dilanjutkan saat i’tidal dengan bacaan Rabbana lakalhamdu, Ketika duduk tasyahud awal atau yang disebut duduk iftirasy dan duduk tawaruk.

Saat tasyahud akhir hendaknya meletakkan tangan di atas paha dengan merilekskan tangan kiri dan menggenggam tangan kanan kecuali jari telunjuk kita, Turut mengucap kedua salam diakhir sholat sembari menolehkan muka ke arah kanan dengan melihat jamaah sebelah kanan lalu menoleh ke kiri melihat jamaah disebelah kiri kita.

Inti dari artikel ini adalah Sunnah Dalam Melakukan Sholat terbagi menjadi dua sunnah, yakni Sunnah Ab’adh dan Sunnah Ha’iat. Setelah tuntas membaca Sunnah Dalam Melakukan Sholat tadi tentu kalian dapat lebih mengerti dan memahami hal-hal yang Sunnah Dalam Melakukan Sholat. Seusai membaca Sunnah Dalam Melakukan Sholat ini tentu kalian dapat memperbaiki lagi ibadah sholat kalian agar lebih sempurna tentunya.

Sumber : Kangsantri.id

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *