Teliti dan Cermat Sebelum Meminjam, Inilah Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman

Kurang mempelajari hal-hal yang harus diperhatikan sebelum meminjam modal baik dengan atau tanpa jaminan, biasanya akan memberi penyesalan dikemudian hari. Untuk itu perlu mempelajari beberapa hal yang penting seperti dibawah ini.

Ketahui Skala Usaha yang Akan Kamu Jalankan

Hal ini tentu bertujuan agar kelak Anda dapat menentukan berapa kisaran modal yang Anda butuhkan untuk membuka suatu usaha. Untuk skala rumah tangga, mungkin pinjam dana yang dibutuhkan hanya berada pada kisaran jutaan rupiah karena masih dapat memanfaatkan perabotan rumah. Berbeda dengan usaha skala besar seperti untuk membuka restoran atau kafe, maka mungkin dana yang dibutuhkan dapat mencapai puluhan juta rupiah.

Lakukan Perhitungan Modal Dengan Matang

Jika skala usaha sudah diperhitungkan, maka Anda tinggal memperhitungkan modal dengan sangat matang. Tulis dengan rinci segala sesuatu kebutuhan usaha Anda mulai dari bahan, alat, operasional, gaji pegawai dan lain sebagainya. Dengan demikian ada jumlah pasti untuk modal yang dibutuhkan. Selain itu perhitungan cicilan kredit pun harus diperhitungkan untuk membuat target penjualan.

Siapkan Persyaratan Dengan Matang

Sediakan persyaratan secara lengkap dan matang untuk mengantisipasi pengajuan yang Anda buat kelak akan ditolak karena ketidaklengkapan dokumen dan syarat lainnya.

(Gambar 3)

Perhatikan Fitur dan Ketentuan yang Berlaku

Biasanya, fitur seperti plafon kredit dana, suku bunga, jumlah cicilan per bulan, masa tenor, dan ketentuan lainnya dari setiap bank penyedia layanan pinjaman dana berbeda-beda. Maka dari itu perlu untuk melakukan penawaran dan perbandingan untuk mendapatkan kredit dana yang menguntungkan.

Pilih Penyedia Kredit Modal yang Terpercaya

Sangat penting untuk mengetahui apakah penyedia kredit  modal usaha yang akan dipilih dapat dipercaya atau tidak. Tentunya hal ini dilakukan untuk menghindari adanya peniluan atau resiko sejenis. Penyedia jasa kredit modal usaha yang terpercaya tentunya memiliki identitas dan alamat kantor yang jelas bahkan tersedia di Google Maps. Jangan lupa untuk menanyakan pada orang terdekat soal reputasi tempat tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pelajari sebelum melakukan pinjam modal usaha. Jangan sampai harus melakukan kredit modal usaha tanpa ada perhitungan ataupun persiapan sematang-matangnya.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *