Ternyata Begini! Cara Membuat Keripik Ubi Pedas Yang Bikin Nagih

cara membuat keripik ubi pedas

Cara membuat keripik ubi pedas yang pedasnya bikin nagih, cara membuatnya tidak lah terlalu sulit. Camilan renyah dengan cita rasa pedas dari ubi, atau kerap disebut ubi rambat di beberapa daerah karena berasal dari tanaman umbi.

Cara Membuat Keripik Ubi Pedas

Tekstur renyah dan rasa pedas gurih keripik ubi ini bisa jadi ide usaha kecil untuk para pengusaha kecil.

Resep Keripik Ubi Pedas

cara membuat keripik ubi pedas

Bahan – Bahan :

  • 1 kg singkong, kupas
  • 1.5 l air mendidih
  • 2 sdt garam
  • minyak goreng
  • 100 g gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 sdt cuka masak

Bahan Tambahan :

  • 75 g cabai merah keriting
  • 10 buah cabai rawit
  • 4 siung bawang putih

Cara Membuat Keripik Ubi Pedas :

  1. Potong singkong persegi panjang tipis, rendam dalam air mendidih dan garam selama 30 menit hingga cukup lunak. Tiriskan, keringkan.
  2. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan. Goreng singkong secara bertahap hingga kering dan renyah, angkat, tiriskan.
  3. Panaskan kembali 50 ml minyak dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan gula pasir dan air. Masak hingga gula larut, mengental dan berserabut.
  4. Tambahkan cuka, aduk hingga bau menyengatnya hilang. Masukkan singkong goreng, aduk rata. Angkat. Dinginkan, simpan dalam wadah bertutup rapat atau sajikan.

Tips :

Tambahkan bawang putih dan merica yang dihaluskan ke dalam air perendam singkong, untuk menambah rasa gurih.

Selain dapat di jadikan sebagai camilan yang enak, ubi juga mempunyai manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Apa saja manfaat dari ubi ? simak artikel berikut ini.

Manfaat Ubi Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan beragam nutrisi yang terkandung di dalam ubi jalar, tak heran jika tanaman umbi-umbian yang satu ini memiliki manfaat kesehatan yang tidak sedikit. Berikut adalah macam-macam manfaat ubi jalar:

1. Menurunkan Penyakit Kanker

Ubi jalar mengandung antioksidan beta karoten yang diduga dapat menurunkan risiko munculnya beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, kanker usus besar, kanker payudara dan kanker buli-buli. Dari semua jenisnya, ubi ungu memiliki jumlah antioksidan paling tinggi.

2. Kekebalan tubuh

Beta karoten pada ubi jalar bisa diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dapat meningkatkan radang usus dan mengurangi respon sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

3. Untuk Kesehatan Mata

Masih tentang kandungan beta karoten dalam ubi, zat yang satu ini juga dapat menurunkan risiko terkena degenarasi makula. Penyakit mata ini menjadi penyebab paling umum seseorang kehilangan penglihatan.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Antikosidan dan serat tinggi yang terkandung pada ubi jalar membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan mencegah terjadinya sembelit.

5. Mengendalikan Gula Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ubi jalar dapat mengendalikan kadar gula dan memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Selain itu, ubi jalar juga ditengarai dapat menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Mengonsumsi ubi jalar dapat membantu meningkatkan asupan kalium dalam tubuh. Kalium dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi ketegangan pada jantung, serta membantu mengatur denyut jantung dan kontraksi otot.

Namun disarankan untuk mengolah ubi jalar dengan tidak menambahkan garam secara berlebihan, karena jika terlalu berlebihan menggunakan garam (sodium) dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Demikian lah bagaimana cara membuat keripik ubi pedas, bahan – bahan yang digunakan tidak lah terlalu sulit untuk di cari. Semoga membantu.

Ayo Berbagi Tips