Tips Memilih Filter Udara Terbaik

Selama ini banyak orang berpikir bahwa polusi hawa hanya terjadi di luar ruangan. Pada kenyataannya, di di dalam ruangan pun berpotensi besar untuk terjadi polusi udara. Sama layaknya di luar ruangan, polusi yang terjadi di di dalam ruangan turut berisiko membawa dampak masalah sistem pernapasan.

Tips Memilih Penyaring Udara yang Baik

Jika Anda masih bingung dalam memilih penyaring udara yang baik, berikut beberapa tips yang dapat diikuti.

Pilih penyaring udara yang menggunakan HEPA

Teknologi penyaring yang menggunakan HEPA (high-efficiency particulate air) ini paling efektif dalam menyerap berbagai kotoran dari udara, seperti bulu hewan, debu, serbuk sari, dan jamur. Pastikan produk yang Anda beli benar-benar menggunakan Filter HEPA dan bukan sekadar pembersih udara. Penyaring udara dengan HEPA merupakan model penyaring udara yang paling dianjurkan oleh dokter.

Perhatikan ukuran

Ada produk pembersih atau penyaring udara yang ukurannya besar, namun ada pula yang portabel sehingga berukuran kecil. Saat memilih pembersih atau penyaring udara, perhatikan ukurannya. Pastikan perangkat tersebut ditempatkan di ruangan yang cukup, tidak penuh sesak dan masih ada jeda di sekitarnya agar dapat menyerap udara kotor dengan baik. Pilih penyaring udara yang kapasitasnya sedikit melebihi ruangan di mana penyaring udara akan ditempatkan. Hal ini untuk memastikan agar mesin mampu membersihkan udara dalam ruangan

Hindari penyaring udara yang menghasilkan ozon

Selama ini masih ada produsen yang membuat penyaring udara yang didesain memancarkan ozon. Padahal ozon harus dihindari karena berbahaya bagi tubuh. Produk tersebut memang menyaring debu dan partikel-partikel kotoran dengan baik. Namun, ozon yang dipancarkan justru berpotensi merusak kesehatan. Beberapa negara sudah resmi melarang alat penghasil ozon pada alat pembersih udara portabel untuk di dalam ruangan.

Utamakan yang memiliki indikator dan sertifikasi antiasma dan antialergi

Pilih penyaring udara yang dilengkapi dengan indikator, agar Anda tahu kapan harus membersihkan penyaringnya atau menggantinya. Indikator tersebut dapat berupa lampu yang akan menyala jika sudah tiba waktunya untuk membersihkan penyaring.

Saat membeli produk penyaring udara, pastikan produk tersebut sudah memiliki sertifikasi antiasma dan antialergi. Sertifikasi semacam itu menunjukkan bahwa penyaring udara ini benar-benar sudah mampu mengurangi dan menghapus partikel atau zat penyebab polusi yang mengakibatkan alergi dan asma, dan bukan hanya memindahkan sementara.

Setelah membaca ulasan di atas, jangan ragu lagi untuk menggunakan penyaring udara. Pilih dan gunakan penyaring udara dengan tepat, demi menjaga kesehatan Anda dan keluarga hari ini dan di masa-masa mendatang.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *