Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya

Kehadiran pinjaman secara online bukanlah hal yang baru. Industri keuangan jenis ini ternyata sudah hadir sejak tahun 2016 dengan dimotori oleh perusahaan keuangan Financial Technology (Fintech). Pinjaman online ini menawarkan kredit pada kota yang tidak dapat mengakses kredit dari bank atau lembaga keuangan konvensional lainnya. 

Lalu, bagaimana cara memilih situs pinjam uang terpercaya? Simak pembahasannya dalam ulasan berikut:

Pembiayaan yang Transparan

Karena pinjaman ini bersifat onlien tanpa tatap muka, maka kejelasan pada proses pembiaan sangatlah penting. Pilihlah website pinjaman online yang secara transparan, jelas dan rinci mengenai persyaratan, bunga, waktu jatuh tempo, dan biaya-biaya lain. Sebisa mungkin hindari situs peminjaman yang tidak jelas mencantumkan persyaratan pinjaman, karena selain sulit untuk dipahami, Anda juga harus bekerja lebih keras lagi mencari tahu informasi penting mengenai persyaratan pinjaman pada situs tersebut.

Memberikan Persyaratan yang Mudah

Kemudahan adalah menjadi salah satu daya tarik pinjaman online dibandingkan kredit konvensional. Cobalah unntuk mencari pemberi pinjaman online yang syaratnya mudah dipenuhi seperti KTP dan foto misalnya. Meskipun menjanjikan kemudahan pinjaman daripada bank atau lembaga keuangan konvensional lainnya, tidak semua situs peminjaman online mudah memberikan memberikan persyaratan. Oleh karena itu, hindari untuk memilih pinjaman online yang persyaratanya rumit hampir serupa dengan bank konvensional.

Kecepatan Pencarian Dana

Keunggulan lain yang menarik dari pinjaman online ini adalah kecepatan dalam hal pencairan dana dibandingkan dengan bank atau lembaga keuangan konvensional lainnya. Situs-situs online menawarkan waktu pencariran pinjaman yang berbeda-beda, dari mulai kurun waktu satu minggu hingga kurang dari 24 jam. Sebagai peminjam, ada baiknya kita memilih situs pinjaman online dengan pemberian waktu pinjaman yang cepat, namun tidak lupa juga memperhatikan definisi dari janji kecepatan itu sendiri.

Terawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ini adalah hal kiranya sangat krusial untuk diperhatikan ketika Anda memilih situs pinjaman dana online, yaitu diawasi oleh OJK. Jika sudah terdaftar dan terawasi OJK, maka pastilah situs tersebut aman, terpercaya, dan resmi karena diawasi lembaga pengawas keuangan milik pemerintah.Itulah beberapa tips yang dapat Anda ikuti ketika memilih pinjaman online terpercaya. Jangan sampai salah pilih, teliti dulu sebelum mengajukan pinjaman ya, semoga bermanfaat!

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *