Tips Mendirikan Startup

Tips Mendirikan Startup

Apa Itu Startup

Startup digital adalah perusahaan rintisan yang menggunakan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet untuk memberi layanan kepada para customer nya. Startup digital adalah perusahaan yang di jalankan di jaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini , yang bertujuan untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia. Seharusnya, bukan hal mudah untuk membangun digital startup hingga bisa menjadi besar. Setidaknya kalian harus melakukan hal hal di bawah ini untuk membangun startup.

Tips Mendirikan Startup

1. Tips Mendirikan Startup Mencari Masalah Yang Anda Temui & Rasakan Sehari Hari

Pada dasarnya, perusahaan startup adalah sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi untuk menyelesaikan masalah yang ditemui di masyarakat sehari – hari. Oleh karena itu, anda dapat memulai memikirkan konsep startup anda dari apa yang anda rasa ‘masalah’ dan butuh diselesaikan dengan bantuan teknologi. Contohnya Travis Kalanick dan Garrett Camp menciptakan Aplikasi Uber karena mereka kesulitan untuk memesan taksi. Mereka meyakini itu adalah sebuah masalah yang sering ditemui di masyarakat sehari – hari.

2. Tips Mendirikan Startup Membangun Relasi Dengan Pelanggan Yang Baik

Langkah selanjutnya, kalian wajib mendirikan  hubungan dengan pelanggan yang baik. karakteristik perusahaan startup, pelanggan adalah hal yang lebih di utamakan atau yang menjadi nomer 1 adalah pelaggan.

Usahakan, jangan sampai pelanggan merasa tidak puas. Lebih parah lagi, jika pelanggan tidak mengetahui dari tujuan dari startup yang kalian buat itu seperti apa. Buat hubungan anda dengan pelanggan yang baik dan , terima saran dan kritik dari mereka. Dengan itu, kalian juga dapat masukan dan juga  evaluasi tersendiri yang bisa kalian terapkan di perusahaan startup kedepannya.

3. Membangun Produk Atau Layanan Terbaik Yang Akan Kalian Lakukan

ara mendirikan perusahaan strartup  selanjutnya adalah meningkatkan performa. performa adalah cara sebuah startup untuk berkembang. Sebuah bisnis yang mampu berkembang dapat dengan mudah beradaptasi pada kapasitas kerja yang lebih besar. Ini semua bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas, performa, ataupun pendapatan.

Untuk mengembangkan bisnis, pastikan dulu Anda memiliki sumber daya yang dibutuhkan. Jika perlu, mintalah tambahan sokongan dana (round of funding). Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa taktik yang bisa dipakai untuk memperbesar bisnis Anda.

4. Buat Kultur Yang Positif

Kadang, pekerjaan yang dilakukan mengulang ulang akan sama membuat sebagian pekerja menjadi bosan. Maka karena itu, bangun suasana yang baik di perusahaan startup-mu  agar karyawan selalu memberikan usaha yang terbaik.

Menabung uang untuk melakukan senang-senang, atau, selalu mengadakan acara kumpul-kumpul bersama  perusahaan, sebagai sarana untuk berdiskusi dan media karyawan dalam mengummumkan atau memberikan keluh kesah. Aura baik akan berdampak bagus bagi perusahaan startup-mu dikedepannya.

 5. Jalin Hubungan Dengan Pelanggan Hingga Oang-Orang Tertarik Mempromosikan Brand Anda (Brand Advocates)

Ketika Anda baru mulai membangun bisnis, marketing bisa jadi teman sekaligus lawan. Mengalokasikan rupiah dalam jumlah besar bisa menguras anggaran Anda. Namun, dengan membagikan konten spesifik untuk segmen pelanggan tertentu (targeted content) dan memastikan semua elemen penting dalam bisnis membantu keseluruhan branding ? pesan marketing Anda bisa tersampaikan tanpa kantong dibuat bolong.

Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu Anda pastikan berjalan dengan benar di awal memulai bisnis. Beberapa faktor itu adalah nama domain, website, dan rencana content marketing. Mari kita bahas semua faktor ini satu per satu.

  • Nama domain: domain adalah wajah dari bisnis Anda. Domain adalah kesempatan bagus untuk membuat impresi pertama yang positif bagi pelanggan potensial. Sebuah nama domain yang bagus mampu memperkuat branding dan menyatakan visi bisnis Anda secara jelas sejak dari kali pertama. Beberapa ekstensi domain yang cocok seperti .TECH, .STORE, .ONLINE, .SITE, .SPACE, .FUN, .PRESS, .WEBSITE, dan lainnya ? membantu Anda memiliki nama domain yang pendek, simpel, penuh makna, dan mudah diingat. Contohnya www.projectwork.space, sebuah nama domain yang tersedia dan keempat kategori nama domain bagus.

Nah itu dia merupakan 5 tips untuk mendirikan sebuah startup dari kelima contoh itu bisa kalian praktekan semua untuk startup kalian. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian untuk mengembangkan startup kalian.