Tips Menentukan Jenis dan Type Flow Meter

Bagi kalian yang masih sulit menentukan bagaimana jenis dan type flow meter yang cocok untuk dipasang, jangan khawatir karena kami akan membagi sedikit tips kepada kalian semua.

  1. Pastikan jenis dan type sesuai dengan fluid yang akan diukur dengan menggunakan flow meter. Fluid ini bisa saja berupa gas, water, chemical, oil, liquid, gas, sludge, dan lain sebagainya.
  2. Tentukan pengukuran flow meter hanya pada flow, total keseluruhan fluid yang mengalir, atau malah kedua – duanya.
  3. Bagaimana dengan viscosity atau kebersihan dari fluid itu sendiri. Apakah fluid mengandung banyak partikel pengotor seperti lumpur, kotoran, dedaunan, atau bebas dari semuanya.
  4. Perlu tidaknya display yang dipasang pada flow meter. Display ini biasa disebut dengan electronic signal out put or electrical out put dimana mencakup besaran (maksimal dan minimal) dari flow rate, working presuure, temperature dari fluid yang diukur menggunakan flow meter.
  5. Perlu tidaknya sistem kedap air (water proof) pada flow meter, atau area yang mudah terbakar/ explosive, atau yang standar – standar saja.
  6. Tujuan pemasangan flow meter ini apakah digunakan untuk matrial bahan kimia dan makanan yang memiliki tingkat keasamaan yang tinggi atau rendah.
  7. Bagaimana dengan ukuran pipa water meter amico dan sistem instalasi flow meternya sendiri. Sistem instalasi disini bisa berupa sistem instalasi vertical maupun sistem instalasi horizontal dimana sistem sambungan bisa berupa flange, atau ulir, atau fitting.
  8. Keterangan – keterangan lain yang diperlukan dalam pemilihan jenis dan type yang pada dasarnya bisa disesuaikan dnegan pesenan yang diinginkan custom.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *