Tips Menghindari Penipuan Pinjaman Online

Kredit atau meminjam tidak semuanya berujung pada kerugian atau bahkan penipuan. Meskipun diluar sana masih saja terdapat oknum-oknum yang memanfaatkan media online sebagai peluang untuk menipu, tetapi bukan berarti meminjam dana online ini tidak mungkin dilakukan. Agar terhindar dari risiko penipuan dan merasa dirugikan, kita perlu cermat dan mengetahui informasi mengenai tips menghindari oknum penipu. Apa saja tipsnya? Cari tahu selengkapnya dalam ulasan berikut:

Kenalilah Layanan dan Verifikasi Keresmian Pemberi Kredit 

Saat ini, di Indonesia sudah banyak situs-situs penyedia layanan pinjaman dana online yang dapat diakses dengan mudah. Nah, untuk menghindari penipuan, cobalah untuk mengenai layanan produk pinjaman yang ditawarkan serta periksalah keresmian dari pemberi kredit misalnya terawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak.

Memastikan Kredibilitas Pemberi Pinjaman

Ketika Anda mengajukan peminjaman dana secara online kepada kreditur resmi, maka Anda biasanya akan diminta untuk mengisi formulir mengenai data diri secara online. Selanjutnya, pihak kreditur nantinya akan menghubungi atau melakukan follow up yang wajar, tidak berlebhan, apalagi terkesan memaksa. Jika Anda terverifikasi layak menerima pinjam uang secara administrasi, maka biasanya akan ada survey lanjutan. Survey yang dilakukan sama persis seperti proses meminjam dana melalui bank atau lembaga keuangan konvensional. Kemudian, proses berikutnya adalah pencairan yang tanpa disertai biaya administrasi atau pemotongan uang pinjaman, apalagi uang muka.

Mengenali dan Mempelajari Mekanisme Pinjaman Online

Sama halnya seperti pinjaman konvensional di bank, pinjaman secara online juga memiliki prosedur tertentu hingga dana yang diajukan benar-benar dicairkan. Mekanisme dalam proses peminjaman ini biasanya diawali dengan pengisian formulir, kemudian pendalaman melalui survey, penjelasan mekanisme cicilan kredit, hingga penjelasan bunga serta informasi lainnya yang dianggap penting dalam proses pinjaman. Setelah itu, barulah dana akan dicairkan dan bisa Anda gunakan. Apabila kreditur tidak melakukan mekanisme ini, maka perlu diwaspadai bisa saja kreditur ini oknum penipu.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menghindari penipuan pinjaman online. Selalu ingat untuk mencari informasi penyedia kredit dana online selengkap mungkin, dan lakukan konfirmasi serta verifikasi secara mendalam ya, semoga bermanfaat!

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *