TIPS MENGURANGI DAN MENCEGAH RESIKO KANKER

Anda mungkin pernah mendengar laporan yang saling bertentangan tentang pencegahan kanker. Kadang-kadang tip pencegahan kanker tertentu yang direkomendasikan dalam satu studi disarankan untuk dilakukan di studi lain. Seringkali, apa yang diketahui tentang pencegahan kanker masih terus berkembang. Namun, diterima dengan baik bahwa peluang Anda terkena kanker dipengaruhi oleh pilihan gaya hidup yang Anda buat. Jadi, jika Anda tertarik untuk mencegah kanker, nikmati kenyataan bahwa perubahan gaya hidup sederhana dapat membuat perbedaan. Pertimbangkan tip pencegahan kanker ini.

1. Jangan gunakan tembakau

Menggunakan segala jenis tembakau membuat Anda berada di jalur tabrakan dengan kanker. Merokok telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker – termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, leher rahim dan ginjal. Mengunyah tembakau telah dikaitkan dengan kanker rongga mulut dan pankreas. Bahkan jika Anda tidak menggunakan tembakau, paparan asap rokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

2. Makan yang sehat

Meskipun membuat pilihan sehat di toko grosir dan pada waktu makan tidak dapat menjamin pencegahan kanker, itu mungkin mengurangi risiko Anda. Atau Anda bisa langsung makan suplemen. Saat ini, suplemen kesehatan telah digunakan sebagai pengganti makanan sehat. Yang paling terkenal saat ini adalah TIENS International. Anda harus memeriksa produk mereka.

3. Jaga berat badan dan aktif bekerja

Mempertahankan berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal. Aktivitas fisik juga penting. Selain membantu Anda mengontrol berat badan, aktivitas fisik sendiri dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

Orang dewasa yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik dalam jumlah berapa pun mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan. Tetapi untuk manfaat kesehatan yang substansial, usahakan untuk mendapatkan setidaknya 150 menit seminggu aktivitas aerobik sedang atau 75 menit seminggu aktivitas aerobik yang kuat. Anda juga dapat melakukan kombinasi aktivitas sedang dan kuat. Sebagai tujuan umum, sertakan setidaknya 30 menit aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda – dan jika Anda bisa berbuat lebih banyak, bahkan lebih baik.

4. Berlindung dari sinar matahari

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum – dan salah satu yang paling dapat dicegah.

5. Divaksin

Pencegahan kanker termasuk perlindungan dari infeksi virus tertentu. Bicaralah dengan dokter Anda tentang vaksinasi.

6. Hindari tindakan beresiko

Taktik pencegahan kanker lain yang efektif adalah menghindari perilaku berisiko yang dapat menyebabkan infeksi yang, pada gilirannya, dapat meningkatkan risiko kanker. Misalnya: praktikkan seks aman dan jangan berbagi jarum.

7. Perawatan medis yang rutin

Pemeriksaan mandiri dan skrining untuk berbagai jenis kanker – seperti kanker kulit, usus besar, leher rahim dan payudara – dapat meningkatkan peluang Anda untuk menemukan kanker sejak dini, ketika pengobatan kemungkinan besar akan berhasil. Tanyakan kepada dokter Anda tentang jadwal skrining kanker terbaik untuk Anda.

Untuk informasi terkait lainnya, silahkan kunjungi obat penambah stamina

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *