Tips Merawat AC Supaya Dingin Tahan Lama Dan Awet

Tips merawat AC

Memiliki AC ternyata tak hanya sekedar memakai saja lho. Kalian juga perlu memperhatikan perawatan. Jika saja proses perawatan yang digunakan salah. Maka AC tersebut bisa memungkinkan terkena kerusakan. Maka dari itu diperlukan tips merawat AC.

 Jika kalian belum tahu bagaimana tips merawat AC dengan baik dan benar. Maka ulasan pada artikel ini akan lebih mudah sebagai tuntunan proses perawatan sebuah AC. Berikut adalah penjelasan beberapa tips yang bisa kalian terapkan.

Gunakan timer

Hal pertama yang bisa kalian lakukan agar AC bisa lebih awet adalah dengan menggunakan fitur timer. Artinya AC yang kalian nyalakan tersebut bisa mati ketika sudah tidak dibutuhkan. Idealnya nyala AC dalam satu hari adalah 5 jam lamanya.

Selain itu hindari penggunaan AC di bawah 22 derajat celcius. Sebab terlalu sering menggunakan AC dalam suhu tersebut juga akan semakin mudah membuat AC dalam kondisi panas.

Bersihkan bagian filter

Meski terlihat sepele namun pembersihan filter ini kerap kali diabaikan oleh pemilik AC. Jangkauan waktu pembersihan filter adalah minimal satu hingga dua bulan sekali. Kebiasaan tidak membersihkan filter membuat debu akan semakin banyak menumpuk pada AC.

Kumparan kondensor AC

Tak hanya bagian filter saja, namun debu juga kerap kali masuk dan menumpuk pada bagian kumparan kondensor AC. Kalian wajib banget nih membersihkan bagian ini. Sebab jika tidak, kemungkinan penumpukan debu juga akan semakin banyak dan berakibat pada korsleting.

Periksa bagian pengatur suhu

Agar AC selalu bekerja dengan baik tentunya pemeriksaan bagian pengatur suhu diperlukan sekali. Lakukan pengaturan suhu tinggi ketika ruangan memang sedang kosong dan tak ada kegiatan.

Cek kipas

Berikutnya adalah pengecekan kipas pada unit kondensator. Pastikan selalu kondisi kipas memang masih dalam bentuk sempurna. Jika ada keretakan segera ganti dengan yang baru.

Servis berkala

Terakhir adalah melakukan servis berkala. Dimana hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui kerusakan kecil sebelum berimbas ke kerusakan dalam jumlah besar.

Itulah beberapa tips merawat AC yang bisa kalian lakukan. Mudah dan tak perlu repot ketika diterapkan. Selain melakukan perawatan dengan tepat, pemilihan AC yang berkualitas juga harus diperhatikan. Anda bisa membeli AC di Toko Jual AC murah diwilayah anda, tentunya dengan kualitas terbaik.

Ayo Berbagi Tips