Type – type Fondasi Berdasar Kedalamannya

Pondasi tiang pancang kayu

Dalam Arsitektur serta Konstruksi bangunan, fondasi ialah komponen susunan yang menyambungkan bangunan dengan tanah serta mengalihkan beban dari susunan ke tanah. Fondasi biasanya ada yang dangkal atau dalam sesuai keadaan tanah dibawah bangunan.

Perancangan fondasi ialah aplikasi pengetahuan mekanika tanah serta mekanika batuan (tehnik Geoteknik) dalam design komponen fondasi susunan bangunan. Perancangan fondasi untuk bangunan tinggi harus menyertakan pakar susunan. Penghitungan fondasi serta pilih type fondasi yang pas ialah ketetapan yang cukup penting, karenanya tidak bisa dikerjakan sembarangan orang.

Type – type Fondasi Berdasar Kedalamannya

Type Fondasi Berdasar letak kedalaman tanah kuat yang dipakai jadi pendukungnya, fondasi dikelompokkan jadi 2 type, yakni fondasi dangkal serta fondasi dalam. Mengenai keterangan semasing type fondasi itu ialah seperti berikut :

A. Fondasi Dangkal Type fondasi dangkal umumnya dipakai untuk konstruksi beban mudah serta keadaan susunan permukaan yang lumayan baik. Fondasi ini mempunyai kedalaman masuknya ke tanah relatif dangkal, cuma beberapa mtr. masuknya ke tanah yakni seputar 0,8 m – 1 m. Sebab daya junjung tanah sudah memenuhi. Fondasi dangkal terbagi dalam:

Fondasi Ditempat (Single Footing)

Fondasi Menerus (Continuous Footing)

Fondasi Pelat (Plate Foundation)

Fondasi yang terhitung type fondasi dangkal, yakni :

  • Fondasi Batu Kali
Fondasi Batu Kali

Fondasi Batu Kali

Type fondasi batu kali seringkali kita jumpai pada bangunan – bangunan tempat tinggal. Fondasi ini masih dipakai, sebab tidak hanya kuat, fondasi ini juga masih terhitung murah. Memiliki bentuk yang trapesium dengan ukuran tinggi 60 – 80 Cm, lebar fondasi bawah 60 – 80 Cm serta lebar fondasi atas 25 – 30 Cm. Bentuk fondasi ini bisa disaksikan pada gambar.

  • Fondasi Telapak (Foot Plat)

Type fondasi telapak ialah fondasi yang paling umum dipakai untuk bangunan bertingkat rendah (1-5) di Indonesia. Type fondasi telapak dibikin berbahan beton bertulang, dengan kedalaman tanah kuat sampai sampai 2 m dibawah permukaan tanah. Bentuk fondasi telapat bisa disaksikan pada gambar dibawah.

Simak juga: Bore Pile Semarang termurah

Di bagian yang paling bawah ada seperti perluasan kaki berupa trapesium atau pelat beton. Fondasi telapak ini umumnya dipakai pada bangunan berlantai dua atau lebih dengan keadaan tanah yang baik.

  • Fondasi Plat Beton Lajur
    Fondasi pelat beton lajur benar-benar kuat

Fondasi pelat beton lajur benar-benar kuat, karena seluruluhnya terbagi dalam beton bertulang serta harga tambah murah dibanding dengan fondasi batu kali. Ukuran lebar fondasi lajur ini sama juga dengan lebar bawah dari fondasi batu kali, yakni 70 Cm. Karena peranan fondasi plat beton lajur ialah alternatif fondasi batu kali.

B. Fondasi Dalam Type fondasi dalam dipakai untuk mengalirkan beban bangunan melalui susunan tanah yang lemah atau mungkin dengan keadaan daya junjung tanah (sigma tanah) kecil, diluar itu dipakai untuk konstruksi beban berat. Tersebut type fondasi dalam :

  • Fondasi Bored pile
    Fondasi bored pile

Fondasi bore pile ialah fondasi yang kedalamannya lebih dari 2 mtr.. Dipakai untuk fondasi bangunan – bangunan tinggi. Sebelum menempatkan bore pile, permukaan tanah dibor terlebih dulu dengan memakai mesin bor. Sampai temukan daya junjung tanah yang benar-benar kuat untuk menyokong fondasi. Sesudah dibor diteruskan dengan pemasangan casing.

Pemasangan casing dibutuhkan supaya tanah tidak jatuh ke lubang yang telah di bor. Sesudah pemasangan casing usai diteruskan dengan memasukkan tulangan besi, selanjutnya dicor dengan beton. Fondasi ini berdiameter 20 Cm keatas. Serta umumnya fondasi ini terbagi dalam 2 atau lebih yang diatasnya ada pile cap.

  1. Fondasi Sumuran Fondasi sumuran ialah satu bentuk pengalihan di antara fondasi dangkal serta fondasi tiang. Fondasi sumuran benar-benar pas dipakai pada tanah kurang baik serta susunan tanah kerasnya ada pada kedalaman lebih dari 3m. Diameter sumuran umumnya di antara 0.80 – 1.00 m serta ada peluang pada sebuah bangunan diameternya berlainan, ini karena semasing kolom berlainan bebannya. Disebutkan fondasi Sumuran, sebab dalam penyelesaiannya membuat lubang-lubang berupa sumur. Lubang ini digali sampai sampai tanah keras atau konstan.

Sumur-sumur ini dikasih buis beton dengan ketebalan kira-kira 10 cm dengan pembesian. Basic dari sumur dicor dengan ketebalan 40 cm sampai 1,00 m, di atas coran itu diatur batu kali sampai di bawah 1,00 m buis beton paling atas. Ruangan kosong teratas dicor kembali serta dikasih angker besi, yang fungsinya untuk mengikat plat beton diatasnya. Plat beton ini seperti dengan fondasi plat ditempat, yang manfaatnya untuk mengikat antar kolom yang dikumpulkan oleh sloof beton.

Fondasi Strauss Pile Fondasi strauss pile adalah kelompok fondasi dalam yang masih satu type dengan fondasi bor pile tapi kemampuan diameter serta kedalaman yang lebih kecil sebab tenaga penggerak mata bor nya ialah tenaga manusia manual tanpa ada pertolongan mesin.

Alat bor pile manual yang simpel serta singkat dan tidak berisik dalam realisasinya membuat fondasi ini semakin banyak di pakai untuk pekerjaan fondasi rumah atau bangunan 2 – 3 lantai di tempat padat perumahan, seringkali diaplikasikan untuk fondasi ruko, gudang, pagar serta yang lain.

  1. Fondasi Tiang pancang
    Fondasi tiang pancang, Type serta Pemasangannya

Tiang pancang pada intinya sama juga dengan bore pile, namun yang memperbedakan bahan dasarnya. Tiang pancang memakai beton jadi langsung ditancapkan langsung ketanah dengan memakai mesin pemancang. Sebab ujung tiang pancang lancip mirip paku, oleh karenanya tiang pancang tidak membutuhkan proses pengeboran.

Fondasi tiang pancang dipakai pada tanah-tanah lembek, tanah berawa, dengan keadaan daya junjung tanah (sigma tanah) kecil, keadaan air tanah tinggi serta tanah keras pada tempat benar-benar dalam. Bahan untuk fondasi tiang pancang ialah : bambu, kayu besi/kayu ulin, baja, serta beton bertulang. Tersebut penuturannya :

a. Fondasi Tiang Pancang Kayu

Pondasi tiang pancang kayu
Pondasi tiang pancang kayu

Fondasi tiang pancang kayu di Indonesia, dipakai pada rumah-rumah panggung di wilayah Kalimantan, di Sumatera, di Nusa Tenggara, serta pada rumah-rumah nelayan di pinggir pantai. Tiang pancang kayu tingginya hanya terbatas pada tinggi kayu yang ada. Tetapi Fondasi tiang pancang kayu lebih disukai di wilayah pedalaman sebab lebih gampang didapat serta harga fondasi beton disana benar-benar mahal.

b. Fondasi Tiang Pancang Beton
tiang pancang beton

Fondasi tiang beton dipakai untuk bangunan-bangunan tinggi (high rise building). Fondasi tiang pancang beton bisa dibikin benar-benar dalam dengan memakai pancang beton bertulang yang lebih kuat dari tiang pancang kayu.

Baca juga: Kontraktor Strauss Pile Semarang

Demikian tentang type fondasi berdasar kedalamannya, sebelum memastikan type fondasi dibutuhkan uji tanah untuk tahu letak atau kedalaman tanah keras di tempat project. Ini membutuhkan pertolongan pakar susunan.

Mudah-mudahan artikel ini berguna serta bisa meningkatkan wacana rekan-rekan pembaca sekaligus.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *