Umbi Iles Iles yang Punya Banyak Manfaat

Umbi Iles Iles

Umbi Iles Iles atau porang adalah jenis tanaman talas atau umbi-umbian yang dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

Di Indonesia, tanaman ini tumbuh liar karena jarang diketahui, sehingga tidak perlu dibudidayakan. Namun kini banyak petani yang mulai mengkomersialkan budidaya umbi porang di Indonesia.

Umbi iles-iles mengandung glukomanan atau biasa disebut konjak glukomanan (KGM) dalam bentuk tepung. Kandungan tepung ini bisa diolah menjadi berbagai macam dan dijadikan sebagai bahan pengganti. Umbi iles-iles memiliki kandungan karbohidrat lebih dari 80%, sehingga karbohidrat merupakan bahan utama dalam tanaman ini.

Selain kaya akan karbohidrat, tanaman porang juga memberikan segudang manfaat di berbagai bidang mulai dari kuliner hingga kesehatan. Baca lebih lanjut tentang manfaat porang di bawah ini!

Umbi Iles Iles

Kandungan Gizi Umbi Iles Iles

Porang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung bahan-bahan yang dapat menyehatkan tubuh, salah satunya Konjak Glukomanan (KGM). Selain itu, Porang juga memuat konten sebagai berikut:

  • Glukomanan (45%)
  • Protein (9,7%)
  • 16 asam amino yang berbeda (hingga 7,8%)
  • 7 asam amino esensial (hingga 2,5%)
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Besi
  • Seng
  • mangan
  • Pembeli
  • Banyak serat


Nilai gizi per 100 gram (g) adalah sebagai berikut:

  • Glukomanan: 50 g
  • Karbohidrat (glukosa, fruktosa, sukrosa)
  • Protein: 1,64 g
  • Lemak: 0,0004 g
  • Fosfor: 57 miligram (mg)
  • Besi: 4,06 mg
  • Mangan: 0.2mg
  • Tembaga: 0,08mg

Kegunaan

Lem Ramah Lingkungan

Lem yang digunakan setiap hari terkadang berbau menyengat dan tidak menempel pada benda yang akan dilem. Umbi porang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai lem ramah lingkungan.

Tanaman dengan brendi bisa menjadi lem yang sangat baik. Lem tidak hanya bagus, tetapi juga ramah lingkungan.

Bahan Campuran Untuk Industri

Kandungan konjak dapat digunakan untuk membuat kertas yang kuat dan tahan lama. Selain itu, boron juga dapat digunakan sebagai perekat untuk kertas, cat, kain katun dan wol, semir tekstil dengan bahan yang lebih baik dan lebih murah.

Obat-Obatan

Kandungan KGM pada tanaman porang terbukti bermanfaat bagi dunia kesehatan karena digunakan sebagai bahan pembuatan kapsul obat.

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf pertama, tanaman porang mengandung bahan perekat alami yang digunakan untuk merekatkan kapsul.

Pengganti Agar – Agar

Tanaman porang memiliki serat tidak berwarna yang mudah larut dalam air, tidak berbau dan memiliki komposisi agar-agar

Dengan serat yang diolah menjadi jelly, makanan ini tentunya sangat sehat dan segar. Agar-agar Porang bisa menjadi sajian yang tepat untuk camilan sehat.

Penjernih Air

Saat air di rumah Anda kotor, zat glukomanan Porang dapat menjernihkan air dan keloid dari bir, gula, minyak, dan serat. Kandungan ini dapat larut dalam air dan menjernihkan air itu sendiri. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi dengan air kotor.

Isolator Listrik

Glukomanan dari tanaman porang dapat menjadi pengganti gel silikon dalam bentuk gel. Gel silikon sangat bagus untuk mencegah konduksi listrik dan panas di rumah, jadi gel ini sama baiknya sebagai pengganti.

Namun, kamu harus berhati-hati agar tidak terkena sengatan listrik, Toppers.

Bahan Makanan Jepang

Kali ini ada penjelasan tentang manfaat kuliner dari tanaman porang. Di Jepang, tepung konjak digunakan sebagai campuran untuk membuat mie shirataki atau konnyaku.

Pengental Es

Konjak tidak hanya digunakan dalam makanan Jepang, tetapi juga memiliki manfaat kuliner lainnya. Kandungan konjak juga dapat digunakan sebagai sirup atau pengental lem pada campuran es krim agar tidak cepat meleleh.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar glukomanan pada umbi porang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Selain itu, serat dalam boron juga banyak digunakan sebagai alternatif diet baik bagi pelaku diet maupun penderita diabetes.

Namun ingat, penggunaan porang untuk pengobatan penyakit tetap perlu didiskusikan dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini karena efek samping bisa dirasakan jika tubuh Anda tidak sesuai dengan isi latihan.

Bahan Tahan Air

Ketika dicampur dengan gliserin dan/atau natrium hidroksida, glukomanan dapat menjadi bahan aktif yang dapat menahan air. Oleh karena itu, glukomanan sangat cocok untuk digunakan sebagai cat tahan air yang dapat menahan hujan deras atau dinding yang sering basah.

Nah, itu tadi adalah penjelasan seputar umbi iles iles yang mungkin belum kalian ketahui, kalian juga bisa mendapatkan mesin porang di Rumah Mesin.

Baiklah, cukup sampai disini dulu untuk artikel “Umbi Iles Iles yang Punya Banyak Manfaat”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa!