Yuk Kenali Sotong, Bentuk Morfologi dan Habitatnya

Yuk Kenali Sotong, Bentuk Morfologi dan Habitatnya

Sotong (sepia sp) adalah hewan yang termasuk kelas cephalopoda dan biasanya ada di berbagai macam tempat baik itu air payau, air asin, maupun air tawar sekalipun. Mungkin kita bisa menganggap bahwa si sotong ini sangat adaptif karena bisa ditemukan di manapun dan di kedalaman berapa pun. ya, sotong memang sedikit berbeda dengan saudaranya cumi-cumi yang hanya hidup di laut. Namun demikian, sotong masih termasuk anggota seafood.oh iya, bagi sebagian orang sering menafsirkan sotong dan cumi-cumi ini adalah 1 hewan yang sama padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas. perbedaan ini bisa kita temukan dari bentuknya yang cukup berbeda titik untuk sotong bentuknya lebih pipih dan cangkangnya yang sedikit lebih keras karena tersusun dari zat kapur. Sedangkan cumi-cumi berbentuk silinder dan lebih lunak daripada sotong. Sotong merupakan kelas cephalopoda dengan ordo sepioidea.

Menurut ahli yakni Narithabaths dengan penelitiannya pada tahun 1996 hewan sotong tinggal di daerah lepas pantai, karang laut, dekat panta. Menurut Roperet Al dengan penelitiannya di tahun 1980 menyatakan sotong adalah hewan yang selalu bergerombol pada perairan dangkal.

Habitat sotong ini biasanya melakukan pergerakan diurnal dengan kelompoknya dekat dengan dasar perairan di siang hari namun akan menyebar pada saat malam hari.cahaya atau biasa disebut fototaksis positif sehingga sering ditangkap memakai alat bantu cahaya. Sotong memiliki bentuk bulat telur agak pendek dan sirip daging melingkari seluruh badannya dan bagian belakang tubuh yang sedikit bundar titik punggung sotong ini keras karena terdiri dari zat kapur untuk melindungi bagian tubuhnya. untuk mulutnya terdapat tangan pendek dan 2 tentang tol panjang titik tangan pendek ini dilingkari dengan sebuah penghisap yang panjang sedangkan  tentakel hanya terdapat pada ujungnya. Warna sotong juga bervariasi biasanya berwarna coklat atau kuning kecoklatan. Perbedaan Cumi dan Sotong

sama seperti hewan cephalopoda lainnya, pada dasarnya hewan ini berenang dengan gaya dorong atau jet propulsion tenaga dorong itu berasal dari air yang ditimbulkan dari rongga mantel sotong. Dibandingkan dengan cumi-cumi yang tubuhnya langsing sotong memang berenang lebih lambat. Namun tetap sama dengan cumi-cumi ketika ada bahaya akan menyemburkan tinta hitam sehingga ada waktu untuk sotong kabur dari hadapan predator. Sotong juga bisa mengubah warna tubuhnya seperti bunglon agar tersamar biasanya ia akan menyamar menjadi pasir atau batu.

Ketahuilah bahwa sotong juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Hal ini mungkin dikarenakan rasa daging dari sotong ini lezat dan menyehatkan. Jika kamu adalah seseorang yang mempunyai kelebihan berat badan bisa menjadikan sebagai alternatif laut kamu. Hal ini karena sotong kaya  protein namun memiliki kalori yang rendah untuk dikonsumsi ketika dia karena membuatmu kenyang yang lebih lama. Selain itu sotong juga bisa  mencegah kanker karena tintanya mengandung asam amino esensial dan zat besi yang bisa meluruhkan sel tumor atau kanker di dalam tubuh manusia.

Sotong bisa membuat tubuh menjadikan yang lebih lama namun jika dikonsumsi berlebihan sotong akan berbahaya dapat meningkatan berat badan. Hal ini karena memiliki lemak yang tinggi walaupun kalorinya rendah. Sehingga disarankan untuk mengkonsumsi sotong hanya tiga sampai 4 kali dalam seminggu. Walaupun demikian otong cukup bisa memperbaiki sistem imun.

Itu dia pengertian, habitat, nama ilmiah, perbedaan dengan cumi-cumi, ekstensi soteng di berbagai negara asia, manfaat potong bagi kesehatan manusia. Saya harap informasi diatas bisa memberikan manfaat buat kamu, dan jangan lupa sebarkan informasi ini ke keluarga kamu ataupun teman-teman kamu supaya banyak yang lebih tahu mengenai sotong.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *